Sukses

Lagi, Inggris Diperingatkan Siap-siap Masuk Jurang Resesi

Perekonomian Inggris diperkirakan menyusut dalam tiga bulan terakhir tahun ini dan terus menyusut hingga akhir 2023.

Liputan6.com, Jakarta Lagi, Inggris diperingatkan akan jatuh ke dalam resesi karena menaikkan suku bunga terbesar dalam 27 tahun.

Perekonomian Inggris diperkirakan menyusut dalam tiga bulan terakhir tahun ini dan terus menyusut hingga akhir 2023.

Inggris resesi merupakan prediksi yang diungkapkan Bank of England, melansir laman BBC, Jumat (5/8/2022).

Suku bunga naik menjadi 1,75 persen karena bank berjuang untuk membendung kenaikan harga, dengan inflasi sekarang ditetapkan untuk mencapai lebih dari 13 persen.

Gubernur Andrew Bailey mengakui jika saat ini masyarakat tertekan biaya hidup yang sulit. Namun jika tidak menaikkan suku bunga, kondisinya akan menjadi "lebih buruk".

Alasan utama Inggris mengalami inflasi tinggi dan pertumbuhan ekonomi yang rendah adalah melonjaknya tagihan energi, didorong oleh invasi Rusia ke Ukraina.

Sebuah rumah tangga biasa akan membayar hampir £300 per bulan untuk energi mereka pada bulan Oktober, Bank memperingatkan.

Resesi yang diperkirakan akan menjadi penurunan terpanjang sejak 2008, ketika sistem perbankan Inggris menghadapi keruntuhan, membawa pinjaman terhenti.

Kemerosotan tidak akan sedalam 14 tahun yang lalu tetapi mungkin berlangsung selama itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disadari

Gubernur Bank Andrew Bailey mengatakan dia memiliki "simpati yang besar dan pemahaman yang besar bagi mereka yang paling berjuang" dengan biaya hidup.

"Saya tahu bahwa mereka akan merasa, 'Nah, mengapa Anda menaikkan suku bunga hari ini, bukankah itu membuatnya lebih buruk dari perspektif itu dalam hal konsumsi?', saya khawatir jawaban saya untuk itu adalah, tidak karena saya khawatir alternatifnya bahkan lebih buruk dalam hal inflasi yang terus-menerus."

Meningkatkan suku bunga adalah salah satu cara untuk mencoba dan mengendalikan inflasi karena menaikkan biaya pinjaman dan harus mendorong orang untuk meminjam dan membelanjakan lebih sedikit.

Hal ini juga dapat mendorong orang untuk menabung lebih banyak. Namun, banyak rumah tangga akan kian tertekan seiring kenaikan suku bunga tersebut.

Inggris telah menaikkan suku bunga enam kali berturut-turut sejak akhir tahun lalu. Suku bunga yang lebih tinggi juga berarti biaya yang lebih tinggi untuk hal-hal seperti kartu kredit, pinjaman bank dan pinjaman mobil.

Patrick Reid, seorang pemilik bisnis di London, berutang £25.000 pada kartu kredit dan pinjaman dan khawatir kenaikan suku bunga akan merugikannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.