Sukses

Transformasi Bisnis, Peruri Sediakan Ijazah Hybrid Politeknik Negeri Malang

Liputan6.com, Jakarta Perubahan zaman turut melahirkan perkembangan teknologi digital yang kian canggih. Beberapa produk mulai mengadopsi teknologi digital untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan bisnis.

PT Peruri Wira Timur atau yang disebut Peruri Security Printing sebagai salah satu anak perusahaan Peruri mengantisipasi perubahan tersebut dengan menerapkan transformasi bisnis dan produk yang berkelanjutan.

Peruri Security Printing yang bergerak di bidang percetakan dokumen sekuriti kini telah meningkatkan kualitas produknya dengan menambahkan teknologi digital ke dalam produk cetakan dokumen sekuriti yang dihasilkan, salah satunya adalah ijazah bagi instansi pendidikan.

Direktur Utama Peruri Security Printing, Ahmad Hidayat mengatakan, Peruri Security Printing telah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Politeknik Negeri Malang untuk sama-sama memanfaatkan sumber daya yang dimiliki masing-masing pihak.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama Peruri Security Printing, Ahmad Hidayat dan Direktur Politeknik Negeri Malang, Supriatna Adhisuwignjo di Gedung Kantor Pusat Politeknik Negeri Malang.

"Ke depan, Peruri Security Printing akan menyediakan ijazah untuk Politeknik Negeri Malang dengan tambahan fitur sekuriti digital. Ijazah dalam bentuk fisik hingga saat ini masih dibutuhkan sebagai dokumen yang menjadi bukti bahwa seseorang telah menyelesaikan suatu pendidikan serta digunakan untuk persyaratan ke jenjang selanjutnya dan untuk kepentingan melamar pekerjaan," ujar Direktur Utama Peruri Security Printing, Ahmad Hidayat melalui siaran persnya di Jakarta, Rabu (6/7/2022).

 

2 dari 3 halaman

Komitmen

Dirinya melanjutkan, komitmen Peruri Security Printing dalam menghasikan produk yang berkualitas salah satunya dengan cara mengadopsi teknologi digital yang dimiliki oleh Peruri, yakni Peruri Sign dan Peruri Tera.

"Ke depannya Peruri Security Printing akan mengembangkan produk-produknya yang bersifat hybrid yang merupakan kombinasi dokumen fisik dan digital sehingga memperkuat pengamanan produk, antara lain ijazah hybrid. Kehadiran ijazah hybrid akan mempermudah pemiliknya dalam proses legalisasi ijazah karena dapat dilakukan secara digital dan dapat divalidasi secara elektronik," lanjutnya.

“Untuk mendukung transformasi digital di Peruri Security Printing, kami telah mempersiapkan segalanya salah satunya melalui peningkatan kapabilitas karyawan dengan mengikutsertakan pada program Peruri Digital Academy. Kami juga telah secara rutin melakukan uji coba (trial) produk hybrid dan telah siap untuk penetrasi di pasar,” katanya.

3 dari 3 halaman

Peruri Dipercaya Lagi Cetak 1 Juta Paspor Sri Lanka

Selama 20 (dua puluh) tahun, Peruri telah dipercaya Pemerintah Negara Sri Lanka untuk mencetak Paspor Sri Lanka. Selama kurun waktu tersebut, total Paspor yang dicetak Peruri untuk Sri Lanka mencapai lebih dari 10 (sepuluh) juta buku dengan 9 (sembilan) kali penandatanganan kontrak.

Pada 2022, kontrak perjanjian kerja sama pencetakan Paspor Sri Lanka telah ditandatangani pada Jumat, 10 Juni 2022 di Kantor Pusat Peruri, Jakarta.

Penandatanganan perjanjian ini dilakukan secara langsung oleh Direktur Operasi Peruri, Saiful Bahri dan Dr. Nayana Dehigama, Executive Chairman Epic Lanka. Peruri selama ini telah bekerja sama dengan Epic Lanka untuk mengerjakan pencetakan Paspor Sri Lanka.

Untuk diketahui, Epic Lanka merupakan perusahaan asal Sri Lanka yang telah ditunjuk oleh Departemen Imigrasi dan Emigrasi Sri Lanka untuk mengerjakan proyek pembuatan Paspor Sri Lanka.

Pada kesempatan ini, Peruri mendapatkan kontrak pencetakan Paspor Sri Lanka sebanyak 1 (satu) juta buku dengan nilai kontrak jika menggunakan kurs dollar AS saat ini adalah sebesar Rp 31 miliar.

Pencetakan Paspor bagi pemerintah Sri Lanka merupakan sesuatu yang sangat penting untuk membantu masyarakatnya melakukan perjalanan internasional.

Misalnya dalam rangka mencari pekerjaan di luar negeri untuk membantu perputaran roda perekonomian negara, atau perjalanan bisnis bagi pejabat negara dalam rangka meningkatkan hubungan antar negara di dunia internasional.

“Penandatanganan kerja sama ini menunjukkan bahwa Peruri diakui di dunia internasional atas kualitas produk yang baik serta kemampuannya menjalankan proyek strategis negara-negara luar. Ke depan, Peruri berkomitmen mengembangkan produk-produk cetakan hybrid berbasis digital untuk menambah value suatu produk melalui peningkatan fitur sekuriti serta menjaga kualitas,” kata Saiful Bahri, Direktur Operasi Peruri, Selasa (15/6/2022).

Dalam dunia internasional, selain mencetak Paspor Sri Lanka, Peruri juga memiliki beberapa catatan prestasi di antaranya mencetak Uang Kertas Nepal, Prangko Nepal, Pita Cukai Nepal, Prangko Filipina dan Uang Kertas Peru. Hingga kini Peruri terus mempersiapkan diri melalui peningkatan kompetensi SDM hingga permesinan untuk dapat bersaing dalam kancah global.