Sukses

Menpan RB Tjahjo Meninggal Dunia, Jokowi hingga Prabowo Sempat Jenguk saat Sakit

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) berduka. Menteripan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, 1 Juli 2022 siang ini.
  
Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, pada pukul 11.10 WIB, Jumat (01/7/2022). Menteri Tjahjo menjalani perawatan intensif di RS tersebut sejak pertengahan Juni.
 
Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini mengonfirmasi berita duka tersebut. "Bapak Menteri telah dipanggil Allah SWT pada hari ini pukul 11.10 WIB. Kami mohon doa dari Bapak/Ibu dan rekan-rekan sekalian, semoga beliau diterima di sisi-Nya," ujar Rini di Jakarta.
 

Tjahjo Kumolo meninggal dunia usai menjalani perawatan intensif sejak beberapa hari yang lalu. Putri Tjahjo Kumolo, Rahajeng Widyaswari, mengatakan ayahnya mengalami infeksi yang menyebar sampai ke paru-paru. "Ada infeksi yang menyebar sampai ke paru-parunya," ujar Rahajeng, di RS Abdi Waluyo, Minggu (26/6/2022).

Rahajeng Widyasari menjelaskan nantinya jenazah Tjahjo Kumolo akan dibawa ke rumah dinas Menteri PANRB di Jl. Widya Chandra IV Nomor 22, Jakarta Selatan untuk dimandikan untuk selanjutnya disemayamkan di rumah pribadinya di Kalibata. 

"Abis ini disemayamkan dulu di rumah dinas untuk dimandikan kemudian akan disalatkan ke masjid kantor Menpan RB. Setelah itu mungkin abis ashar atau setelah disalatkan akan disemayamkan di Kalibata," kata Ajeng, saat diwawancari di RS Abdi Waluyo, Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Lebih lanjut, Ajeng mengatakan sebelumnya presiden Joko Widodo sempat menjenguk dan beberapa pejabat.

"Ada banyak, Pak Jokowi udah sempat datang, Prabowo sudah sempat datang. Kerabat menteri bapak yang deket sama bapak. Terakhir semalam kapolri," ungkapnya.

Namun, Ajeng enggan menjelaskan penyakit apa yang diderita Tjahjo Kumolo.

2 dari 3 halaman

Menteri Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, BKN Berduka

Badan Kepegawaian Negara (BKN) turut berbela sungkawa atas meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo.
 
Menteri Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) siang ini. 
 
"Keluarga Besar Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN Turut berdukacita atas berpulangnya ke Rahmatullah, Bapak Tjahjo Kumolo," tulis Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerjasama BKN, Satya Pratama.
 
"Semoga Almarhum diampuni segala dosa/khilafnya dan diterima seluruh amal ibadahnya, serta kepada keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran, ketabahan dan kekuatan lahir & batin," ungkapnya.
 
Kabar duka berpulangnya Tjahjo Kumolo ini ramai tersiar melalui pesan grup WhatsApp pada Jumat siang ini.
 
Dikabarkan almarhum meninggal pada pukul 11.10 WIB di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta.
 
Pria kelahiran Surakarta 1 Desember 1957 ini dalam beberapa hari terakhir kondisi kesehatannya memang menurun, dan perlu dirawat secara intensif di rumah sakit. 
 
Adapun Tjahjo bukan sosok asing di bawah pemerintahan. Sebelum menjabat sebagai Menteri PANRB, beliau sempat mendapuk amanah sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) di era periode pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi).
 
Seusai jatuh sakit, posisinya sebagai Menteri PANRB digantikan oleh Menkopolhukan Mahfud MD, selaku Menteri PANRB ad interim.
3 dari 3 halaman

Doa Erick Thohir

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Menpan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat hari ini (1/7/2022).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Tjahjo Kumolo

Ucapan belasungkawa itu Erick Thohir sampaikan dalam sebuah unggahan kebersamaannya dengan mendiang Tjahjo Kumolo, melalui platform Instagram.

"Innalillahi wa innailaihi rajiun. Turut berduka cita atas meninggalnya MENPAN RB @kemenpanrb Tjahjo Kumolo," tulis Erick Thohir di Instagram, dikutip Jumat (1/7/2022). 

Erick Thohir pun mengajak masyarakat untuk mendoakan mendiang Tjahjo Kumolo agar diterima amal ibadahnya dan husnul khotimah.

"Sama-sama kita doakan teman saya, semoga diterima amal ibadahnya dan husnul khotimah. Aamiin," tuturnya. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

Kabar duka meninggalnya Tjahjo Kumolo dibenarkan petinggi PDIP Junimart Girsang.

Ia menyebut, Tjahjo Kumolo wafat sekitar pukul 11.10 WIB di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta.

"Saya baru dapat kabar sekitar 2 menit yang lalu, Tjahjo sudah dipanggil Tuhan. Sekitar 11.20 WIB," kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI dari PDIP Junimart Girsang.

Diketahui, Tjahjo Kumolo sebelumnya menjalani perawatan intensif di rumah sakit dan berlangsung selama beberapa hari.

"Betul Bapak Menpan RB Tjahjo Kumolo sedang sakit dan dirawat di rumah sakit. Beliau tidak koma, tapi harus menjalani perawatan secara intensif sampai kondisi keseluruhan stabil dan membaik," kata Sekretaris Menpan RB Rini Widyantini dalam keterangannya, pada 24 Juni 2022.

Selama Tjahjo Kumolo menjalani perawatan, untuk sementara waktu kinerjanya digantikan oleh Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md.