Sukses

Potret Mewahnya Kereta Jokowi Saat Menuju Ukraina, Bernuansa Emas

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menggunakan kereta luar biasa yang disiapkan oleh Pemerintah Ukraina sebagaimana digunakan pula para pemimpin negara yang berkunjung ke Ukraina beberapa waktu lalu.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana beserta rombongan terbatas berangkat menuju Kyiv di Ukraina, pada Selasa (28/06/2022) tepat pada pukul 21.15 waktu setempat.

Keberangkatan kereta jokowi dan rombongan berlangsung dari peron 4 Stasiun Przemysl Glowny di Kota Przemysl, Polandia. 

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menggunakan kereta luar biasa yang disiapkan oleh Pemerintah Ukraina sebagaimana digunakan pula para pemimpin negara yang berkunjung ke Ukraina beberapa waktu lalu.

Presiden dan rombongan diperkirakan tiba di Kyiv, ibu kota Ukraina keesokan harinya. Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana antara lain Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.

Dalam keterangannya di Munich melansir laman Setkab, Rabu (29/06/2022), Menlu Retno Marsudi sebelumnya mengatakan, Presiden akan ke Ukraina melalui Polandia.

Retno mengaku masih terus menjalin komunikasi intensif dengan berbagai pihak dalam rangka kunjungan Presiden ke Ukraina dan Rusia.

“Presiden akan meneruskan perjalanan ke Ukraina melalui Polandia. Saya juga melakukan komunikasi intensif dengan berbagai pihak dalam rangka kunjungan Bapak Presiden ke Ukraina dan ke Rusia. Tentunya komunikasi ini terus kita lakukan dengan Ukraina dan Rusia sendiri,” ucap Retno.

Pengaturan agenda kunjungan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi beserta rombongan terbatas ke Ukraina dipastikan sudah dipersiapkan sangat matang.

Namun tentu saja pengaturan tersebut bersifat fleksibel menyesuaikan setiap dinamika kondisi di lapangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Saat Presiden Naik dari Peron

Setelah menghadiri rangkaian pertemuan di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Elmau, Jerman, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kunjungan kerjanya ke Ukraina melalui Polandia, Selasa (28/06/2022).

“Bismillah Presiden @Jokowi dalam perjalanan ke Polandia dengan pesawat dan setelah itu langsung ke Ukraina dengan menggunakan kereta api selama 12 jam,” tulis Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung melalui akun instagram pribadinya @pramonoanungw.

Lewat akun tersebut, Seskab membagikan momen saat berbincang dengan Presiden Jokowi di dalam pesawat.

Pramono mengungkapkan, kunjungan Presiden ke Ukraina dan Rusia membawa misi perdamaian. Presiden akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan  Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Presiden @Jokowi akan bertemu dengan Presiden Zelenskyy dan Presiden Putin untuk menjalankan misi perdamaian,” tulis Pramono.

 

 

3 dari 4 halaman

Penampakan Interior Kereta Bernuansa Emas

Para pemimpin negara yang berkunjung ke Ukraina beberapa waktu lalu juga memakai kereta serupa yang dinaikin Presiden Jokowi dan rombongan.

Tampak interior dalam kereta bernuansa emas dilengkapi dengan sofa empuk dan meja untuk menjamu penumpang.

4 dari 4 halaman

Menteri Menemani

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana antara lain Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.

Menlu memastikan jika terus menjalin komunikasi intensif dengan berbagai pihak dalam rangka kunjungan Presiden ke Ukraina dan Rusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.