Sukses

Pasokan Makin Ketat, Harga Minyak Naik 2,8 Persen

Harga minyak naik lebih dari USD 3 per barel pada hari Jumat, didukung oleh pasokan yang ketat.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak naik lebih dari USD 3 per barel pada hari Jumat, didukung oleh pasokan yang ketat. MEski demikian, mereka mencatat penurunan mingguan kedua di tengah kekhawatiran bahwa kenaikan suku bunga dapat mendorong ekonomi dunia ke dalam resesi.

Diutip dari CNBC, Sabtu (25/6/2022), harga minyak mentah Brent ditutup naik USD 3,07, atau 2,8 persen, pada USD 113,12 per barel pada 12:10 malam. EDT (1610 GMT). Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS ditutup naik USD 3,35, atau 3,2 persen, menjadi USD 107,62.

"Federal Reserve AS berbicara sangat hawkish yang merusak reli minyak, tetapi sentimen sedikit berubah terutama pada data ekonomi yang kuat," kata John Kilduff, mitra di Again Capital LLC di New York.

Pada hari Kamis, Ketua Fed Jerome Powell mengatakan fokus bank sentral untuk mengendalikan inflasi adalah "tanpa syarat", menambah kekhawatiran tentang lebih banyak kenaikan suku bunga.

Sebuah survei pada hari Jumat menunjukkan sentimen konsumen AS mencapai rekor terendah pada bulan Juni bahkan ketika prospek inflasi sedikit membaik.

Invasi Rusia ke Ukraina memperburuk pasokan yang ketat tahun ini tepat ketika permintaan telah pulih dari pandemi COVID, dan minyak mendekati level tertinggi sepanjang masa USD 147 yang dicapai pada tahun 2008.

Minyak mentah telah mendapatkan dukungan dari penutupan hampir total produksi di anggota OPEC Libya karena kerusuhan. Pada hari Kamis, menteri perminyakan Libya mengatakan ketua National Oil Corporation menahan data produksi dari dia, meningkatkan keraguan atas angka yang dikeluarkan minggu lalu.

Stephen Brennock dari broker minyak PVM mengatakan kekhawatiran resesi mendominasi sentimen, namun "konsensus tetap bahwa pasar minyak akan melihat permintaan yang tinggi dan pasokan yang ketat selama bulan-bulan musim panas, sehingga membatasi penurunan."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertemuan OPEC

Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, yang dikenal sebagai OPEC+, bertemu pada 30 Juni dan diperkirakan akan tetap berpegang pada rencana untuk hanya sedikit mempercepat kenaikan produksi minyak pada Juli dan Agustus.

Perusahaan energi A.S. minggu ini menambahkan rig minyak dan gas alam untuk minggu kedua berturut-turut dalam rekor kenaikan 23 bulan berturut-turut, karena harga minyak mentah yang tinggi dan dorongan oleh pemerintah mendorong pengebor untuk kembali ke sumur, perusahaan jasa energi Baker Hughes Co mengatakan dalam laporannya yang diikuti pada hari Jumat.

Angka persediaan minyak mingguan AS terbaru, yang akan memberikan gambaran tentang ketatnya pasokan di konsumen utama, telah ditunda ke minggu depan karena masalah teknis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.