Sukses

Kronologi Kecelakaan Pesawat Susi Air di Papua

Liputan6.com, Jakarta - Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau bisa juga disebut dengan AirNav Indonesia melaporkan bahwa telah terjadi kecelakaan pesawat yang dialami oleh maskapai Susi Air rute Timika (Bandar Udara Moses Kilangin) - Duma (Airstrip).

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Rosedi menjelaskan, bahwa pesawat dengan registrasi PK-BVM type Pilatus Porter PC-6 lepas landas dari Timika pada pukul 05.32 WIT. Saat keberangkatan, pesawat ini dilayani oleh AirNav Cabang Pembantu Timika. Pesawat diperkirakan tiba di Duma pada pukul 05.49 WIT.

"Keberangkatan pesawat penerbangan subsidi perintis yang membawa enam orang penumpang tersebut berjalan normal dengan kondisi cuaca cerah," jelas dia dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (23/6/2022).

AirNav kemudian mendapatkan informasi dari pihak Susi Air bahwa PK-BVM mengalami kecelakaan, yang langsung ditindaklanjuti dengan penetapan kondisi darurat dan koordinasi yang intens dengan BASARNAS Timika, Lanud TNI AU Timika, dan penerbangan lain yang sedang beroperasi di sekitar rute penerbangan PK-BVM.

"Berdasarkan informasi lanjutan, disampaikan bahwa PK-BVM ditemukan dalam kondisi crash sekitar 3 NM (5 KM) dari Duma," kata dia. 

Berkat kolaborasi yang baik dari semua pihak, seluruh kru dan penumpang pesawat PK-BVM dapat ditemukan dalam kondisi selamat dan telah dievakuasi ke rumah sakit Timika.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pesawat Susi Air Kecelakaan, Semua Penumpang Dipastikan Selamat

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melaporkan seluruh penumpang dan kru pesawat Susi Air yang kecelakaan di Papua, Kamis (23/6/2022) pagi ini selamat.

Hal itu disampaikan Susi Pudjiastuti melalui akun Twitter miliknya, @susipudjiastuti, Kamis (23/6/2022).

"Update info : Jam 09:00 Captain Pilot & Semua penumpang Selamat. Mohon doa semua proses evakuasi dari Lokasi bisa lancar dan mudah," kata Susi.

Adapun pesawat Susi Air yang mengalami insiden kali ini terbang untuk rute dari Timika ke Duma, Papua.

Namun, belum dijelaskan lebih rinci soal kronologi kecelakaan pesawat Susi Air jenis Pilatus Porter PK BVM Dayle Peter Houzet itu. Menurut laporan, terdapat enam orang penumpang yang berada dalam pesawat tersebut.

Pasca kejadian, Basarnas dan TNI terjun langsung ke lokasi untuk mengevakuasi pesawat. Sejauh ini belum ada informasi terkait kerusakan pesawat Susi Air.

Namun, Susi bersyukur seluruh penumpang beserta pilot dan awak pesawat Susi Air selamat.

"Alhamdulillah, info berita terakhir semua penumpang selamat... Amin YRA," tulis Susi Pudjiastuti.

3 dari 3 halaman

Pesawat Susi Air Rute Timika-Duma Kecelakaan

Sebelumnya, pesawat jenis Pilatus Porter PK BVM Dayl Peter Houzet milik maskapai penerbangan Susi Air mengalami kecelakaan saat hendak dalam perjalanan dari Timika-Duma pada Kamis (23/6/2022).

Pemilik maskapai mengkonfirmasi kecelakaan melalui akun twitter @susipudjiastuti.

"Berita duka: Pesawat Susiair jenis Pilatus Porter PK BVM Dayle Peter Houzet dan 6 Penumpang pagi ini mengalami Kecelakaan di Rute Timika-Duma," tulis akun @susipudjiastuti seperti dikutip, Kamis (23/6/2022).

Belum diketahui jumlah korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun, informasi yang diterima Susi Pudjiastuti dari pihak Basarnas ada korban selamat.

"Berita terakhir ada yg selamat. Tim evakuasi Basarnas dan TNI segera bergerak . Mohon doanya semoga semuanya Selamat . Amin YRA," tandas dia.

Tak lama berselang, Susi Pudjiastuti kembali menyampaikan kabar bahwa semua penumpang pesawat Susi Air selamat.

"Alhamdulillah info berita terakhir semua penumpang selamat, Amin YRA," katanya lagi.