Sukses

Apa Itu Clickworker, Platform Pencari Kerja Freelance yang Viral

Mengenal apa itu Clickworker, platform yang memberikan berbagai informasi pekerja lepas alias freelance.

Liputan6.com, Jakarta - Platform Clickworker tengah menjadi sorotan di internet baru-baru ini. Pasalnya, Clickworker memberikan berbagai informasi pekerja lepas alias freelance yang disebut sebagai Clickworkers.

Dikutip dari laman resmi Clickworker, Rabu (22/6/2022) platform ini menyebut, siapa pun yang memenuhi persyaratan bisa mendaftar menjadi Clickworkers.

Dalam Clickworker, para calon pekerja freelance diminta untuk meregistrasikan diri ke platform tersebut untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang cocok dengan kualifikasi mereka.

Setiap pekerja freelance yang sudah mendaftarkan diri di Clickworker bisa mengerjakan tugas-tugas mereka sesuai kualifikasi, pengalaman kerja sebelumnya, edukasi, kemampuan bahasa, hingga ketertarikannya atas sebuah tugas.

Calon pekerja paruh waktu diharuskan memasukkan berbagai data, mulai dari kemampuan yang dimiliki, bahasa yang dipakai, hingga lokasi domisili.

Setelah itu, nantinya Clickworker bisa menyediakan berbagai lapangan pekerjaan untuk pekerja yang terdaftar.

'Sebagai Clickworker, Anda mendapatkan uang dengan bekerja sepenuhnya secara mandiri sesuai jadwal Anda sendiri dari komputer pribadi mana pun dengan akses Internet,' demikian keterangan platform itu.

Namun perlu diketahui, meski menjanjikan pendapatan, pengelola platform kerja lepas ini mengingatkan bahwa platformnya bukanlah pengganti pekerjaan penuh.

Adapun poin penting lainnya yang perlu diketahui pendaftar Clickworker, yaitu harus mengantongi izin untuk bekerja di yurisdiksi tempat tinggal mereka.

Semua proyek maupun tawaran yang dikerjakan mendapatkan pendapatan yang bervariasi sesuai ketentuan dan tidak dapat dijamin.

Dari situ, Clickworkers alias para pekerja freelance bisa memilih tugas mana yang ingin mereka kerjakan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mendaftar Clickworker

Cara mendaftar Clickworker:

- Buka pencarian Google

- Ketik link daftar Clickworker di www.clickworker.com

- Pilih menu "Register" dan "For Clickworkers"

- Isi data diri seperti nama, gelar, email, password, dan klik "lanjutkan"

- Lalu isi nomor ponsel dan data lain yang dibutuhkan

- Lalu, cek inbox email untuk melakukan verifikasi pembuatan akun

- Klik link yang tertera

- Login akun menggunakan email dan password

- Pendaftaran akun sudah selesai, selanjutnya lihat pekerjaan yang tersedia dengan menu Jobs.

3 dari 3 halaman

Keuntungan Jadi Pekerja Paruh Waktu di Clickworker

Nantinya, pembayaran yang diberikan pada para pekerja lepas adalah untuk setiap tugas yang diterima dan diselesaikan, demikian keterangan Clickworker. 

Jumlahnya tetap dan dipublikasikan sebelumnya.

Salah satu keuntungan bagi pekerja paruh waktu di Clickworker adalah para pekerja paruh waktu bisa memilih tugas-tugas kecil dan dikerjakan secara terpisah, semuanya fleksibel.

Jadi, para Clickworkers bisa memutuskan waktu dan lokasi serta berapa banyak tugas yang mau mereka kerjakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.