Sukses

Pantun Menparekraf Sandiaga Uno di Hari Ulang Tahun Jakarta ke-495

Warga Jakarta merayakan hari ulang tahun Jakarta ke-495, pada Rabu, 22 Juni 2022 ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ulang tahun Jakarta 2022 jatuh tepat pada hari ini, Rabu (22/6/2022). Ibu Kota Jakarta kini sudah genap berusia 495 tahun.

Menteri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno termasuk di antara pengguna media sosial yang turut menyambut hari Ulang tahun Jakarta ke-495.

Sambutan Ulang tahun Jakarta itu Sandiaga Uno sampaikan dalam sebuah postingan di akun Instagram-nya, menampilkan potret ilustrasi dirinya bertemakan hari ulang tahun Ibu Kota. 

"Selamat ulang tahun yang ke-495 untuk Daerah Khusus Ibukota Jakarta tercinta, saya selalu mendoakan DKI Jakarta tetap tangguh, indah dengan keberagamannya," tulis Sandiaga Uno dalam akun @sandiuno di Instagram, dikutip Rabu (22/6/2022). 

Sandiaga Uno pun menyampaikan harapannya di hari Ulang tahun Jakarta. Dia menyampaikan, Jakarta diharapkan dapat terus menjai kota yang menginspirasi dan mendorong kebangkitan ekonomi.

"Menjadi kota yang menginspirasi, berkualitas, berkelanjutan, dan menjadi pusat perekonomian Indonesia yang terus mendorong kebangkitan ekonomi serta penciptaan lapangan kerja," tuturnya. 

Dalam akhir pernyataannya di postingan itu, Sandiaga Uno pun membagikan pantun menarik untuk hari Ulang Tahun Jakarta.

"Dari Pasar Minggu Ke Kota Tua, Naek Kendaraanye Transjakarta. Selamet Ultah Yang Ke-495, Jakarta Maju, Warganya Bahagia," demikian pantun Sandiaga Uno di hari Ulang Tahun Jakarta.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Sandiaga Salahuddin Uno (@sandiuno)

Adapun berbagai ucapan selamat ulang tahun Jakarta dari warganet di Twitter. 

Mulai dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Yudhoyono, berikut ini adalah beberapa tweet dari Twitter dalam menyambut hari ulang tahun Jakarta : 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ulang Tahun Jakarta ke-495, Pemprov DKI Gratiskan Tiket Masuk di 11 Museum

Hari Ulang Tahun (HUT) Ibu Kota Kota Jakarta jatuh pada 22 Juni 2022. Sejumlah rangkaian kegiatan akan memanjakan warga Ibu Kota. Dinas Kebudayaan dan Pemprov DKI Jakarta bakal turut menyemarakkan ulang tahun ke-495 ini dengan memberikan kesempatan wisata sejarah ke museum secara gratis.

Museum menjadi salah satu destinasi wisata favorit dan ada di hampir semua daerah, termasuk di DKI Jakarta. Dalam rangka memperingati 'Jakarta Hajatan' atau HUT ke-495 DKI Jakarta, akan ada 11 museum yang digratiskan biaya masuknya pada 22 Juni 2022.

"Seperti yang kita tahu, Jakarta akan berulang tahun ke 495. Dalam menyemarakkan #JakartaHajatan kamu bisa kunjungi museum yang dikelola Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta secara gratis pada Rabu, 22 Juni 2022," tulis akun Instagram resmi Dinas Kebudayaan DKI Jakarta pada Senin, 20 Juni 2022.

Jadi tunggu apalagi? Yuk, ajak sanak saudara untuk mengunjungi museum-museum ini. Jangan sampai terlewat ya," sambung akun tersebut.

Semua museum tersebut dikelola oleh Dinas Kebudayaan DKI Jakarta. Sebelum pergi, jangan lupa cari tahu waktu operasional museum-museum yang ingin dikunjungi.

Adapun 11 tempat bersejarah atau museum yang bisa dikunjungi secara gratis pada perayaan ulang tahun Jakarta, yaitu:

1. Museum Sejarah Jakarta

2. Museum Joang 45

3. Museum Prasasti

4. Museum MH Thamrin

5. Museum Tekstil

6. Museum Seni Rupa dan Keramik

7. Museum Wayang

8. Museum Bahari

9. Taman Arkeologi Onrust

10. Rumah Si Pitung

11. Museum Betawi Setu Babakan.

3 dari 4 halaman

Sederet Lokasi Wisata dan Tranportasi yang Gratis saat Ulang Tahun Jakarta 2022 Hari Ini

 

Berikut sederet lokasi dan transportasi yang gratis khusus saat ulang tahun Jakarta hari ini, Rabu (22/6/2022) dihimpun Liputan6.com:

Ancol

Destinasi wisata Taman Impian Jaya Ancol membagikan tiket masuk gratis bagi masyarakat yang ingin rekreasi ke Ancol khusus pada 22 Juni 2022. Pemberian tiket gratis ini sebagai bentuk turut serta Ancol dalam memeriahkan Jakarta Hajatan ke-495.

"Semua Gembira Jakarta Bangga merupakan tema yang diangkat oleh Ancol untuk turut memeriahkan acara Jakarta Hajatan kali ini, sesuai dengan slogan Gubernur Jakarta yaitu Maju Kotanya, Bahagia Warganya. Kami turut berpartisipasi untuk bisa membahagiakan warga Jakarta dalam momen ulang tahun ke-495 Kota Jakarta," kata Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali, Jumat 17 Juni 2022.

Bagi masyarakat yang ingin memeperoleh tiket gratis wajib melakukan reservasi online melalui website resmi Ancol yaitu www.ancol.com. Satu akun bisa klaim maksimal dua tiket gratis.

Masyarakat diimbau untuk reservasi tiket gratis ini secepatnya karena kuota yang disiapkan terbatas. Proses reservasi tiket gratis ini sudah bisa diakses mulai tangal 15 hingga 21 Juni 2022 mendatang.

Berikut syarat dan ketentuan tiket gratis masuk Ancol dalam rangka memeriahkan Jakarta Hajatan:

1. Wajib melakukan reservasi sebelum kedatangan maksimum H-1 sebelum kunjungan.

2. Dapatkan tiket gratis orang masuk Ancol - Spesial Jakarta Hajatan 495th, hanya di www.ancol.com

3. Tiket gratis bisa didapatkan mulai tanggal 15 - 21 Juni 2022.

4. Tiket berlaku untuk kunjungan pada tanggal 22 Juni 2022 pukul 06.00 - 18.00 WIB.

5. 1 orang hanya dapat klaim tiket gratis maksimal 2 tiket

6. Tiket gratis belum termasuk tiket masuk kendaraan dan unit rekreasi (Dufan, Sea World, Ocean Dream Samudra, dan Atlantis Water Adventure)

4 dari 4 halaman

Tiga Armada Transportasi

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syarif Liputo menerbitkan Surat Keputusan (SK) tentang tarif gratis layanan armada Transjakarta, MRT, dan LRT. SK tersebut sebagai rangkaian HUT Jakarta.

"Transjakarta BRT dan non BRT atau feeder MRT Jakarta dan LRT Jakarta sebesar Rp 0," demikian bunyi diktum kesatu dalam SK yang dikutip pada Selasa 21 Juni 2022.

Selain itu, layanan Mikrotrans, layanan Rusun, bus wisata Transjakarta Cares, dan penugasan transportasi Jakarta lainnya sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dalam rangka penugasan sebesar Rp 0.

Syafrin menuturkan, layanan gratis bagi masyarakat tertentu sesuai Peraturan Gubernur Jakarta nomor 160 tahun 2016 tentang pelayanan Transjakarta gratis dan bus gratis bagi masyarakat sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan peraturan Gubernur nomor 133 tahun 2018 tetap berlaku.

SK ini ditandatangani oleh Syafrin pada 21 Juni 2022.

Kendati demikian, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) memberikan tarif khusus layanan Transjakarta pada Rabu (22/6/2022) sebesar Rp 1.

"PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menerapkan tarif Rp1 yang bisa dinikmati mulai pukul 00.00 -23.59 WIB," ucap Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta, Anang Rizkani Noor, Selasa 21 Juni 2022.

Kebijakan tarif Rp1 berlaku pada seluruh layanan Transjakarta, kecuali Royaltrans dan Mikrotrans.

Kedua layanan tersebut beroperasi dengan tarif normal yakni Royaltrans Rp 20.000 dan Mikrotrans Rp 0.

"Tarif spesial ini merupakan bentuk cinta kami kepada pelanggan dan juga Ibukota DKI Jakarta, di mana tempat Transjakarta mengaspal setiap hari," ungkapnya.

Kendati mengalami perubahan tarif, pelanggan tetap diwajibkan melakukan tap in dan tap out baik pada mesin gate maupun alat tap on bus (TOB) yang tersedia di dalam armada.

Sementara itu, dalam keputusan SK Kepala Dinas Perhubungan diktum kesatu berbunyi;

"Menugaskan kepada perseroan terbatas Transportasi Jakarta, perseroan terbatas MRT Jakarta, dan perseroan terbatas LRT Jakarta (Jakpro) untuk menyelenggarakan layanan transportasi umum massal pada tanggal 22 Juni dari pukul 00.00-23.59 WIB," demikian bunyi diktum tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.