Sukses

Harga Minyak Tergelincir Imbas Kenaikan Suku Bunga The Fed

harga minyak mentah berjangka Brent untuk Agustus turun USD 2,7 atau 2,2 persen ke level USD 118,51 per barel, setelah jatuh ke level USD 117,75.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak anjlok lebih dari USD 3 pada perdagangan Rabu karena pasar khawatir akan penurunan permintaan setelah bank sentral Amerika Serikat (AS) atau Federal Reserve (The Fed) menaikkan suku bunga tiga perempat poin persentase.

Dikutip dari CNBC, Kamis (16/6/2022), harga minyak mentah berjangka Brent untuk Agustus turun USD 2,7 atau 2,2 persen ke level USD 118,51 per barel, setelah jatuh ke level USD 117,75. 

Sedangkan harga minyak mentah West Texas Intermediate AS untuk pengiriman Juli turun USD 3,62 atau 3,04 persen menjadi USD 115,31 per barel, setelah turun ke level terendah di USD 114,60.

Kenaikan suku bunga acuan bank sentral AS menjadi yang terbesar sejak 1994 juga mengirim dolar lebih tinggi dengan indeks dolar naik ke level tertinggi sejak 2002.

Penguatan greenback membuat minyak yang diperdagangkan dalam dolar AS lebih mahal bagi pemegang mata uang lain, membatasi permintaan.

Sementara itu, produksi minyak mentah AS, yang sebagian besar stagnan selama beberapa bulan terakhir, naik tipis 100.000 barel per hari pekan lalu menjadi 12 juta barel per hari, level tertinggi sejak April 2020, data dari Administrasi Informasi Energi menunjukkan.

“Sedikit kenaikan dalam produksi dalam negeri mungkin merupakan tanda pertama dari lebih banyak lagi yang akan datang ke sana,” kata Mitra di Again Capital LLC, John Kilduff.

Data juga menunjukkan peningkatan stok minyak mentah AS dan persediaan sulingan, sementara bensin mencatat penurunan yang mengejutkan di belakang musim mengemudi musim panas.

Pengemudi di seluruh dunia menoleransi rekor harga tinggi untuk bahan bakar jalan, data menunjukkan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Langkah Eropa

Bank Sentral Eropa menjanjikan akan memberikan insentif baru pada hari Rabu untuk meredam kekalahan pasar yang telah mengipasi kekhawatiran krisis utang baru di tepi selatan kawasan Eropa.

Menambah turunnya permintaan akan minyak, wabah COVID terbaru di China telah menimbulkan kekhawatiran akan fase baru penguncian.

Harga minyak yang lebih tinggi dan perkiraan ekonomi yang melemah meredupkan prospek permintaan berjangka, kata Badan Energi Internasional.

Tapi kekhawatiran terus-menerus tentang pasokan yang ketat berarti harga minyak masih bertahan di dekat UISD 120 per barel.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, yang dikenal sebagai OPEC+, sedang berjuang untuk mencapai kuota produksi minyak mentah bulanan mereka, baru-baru ini dilanda krisis politik yang telah mengurangi produksi Libya.

“Karena produksi OPEC masih jauh di bawah tingkat yang diumumkan, ini akan mengakibatkan defisit pasokan sekitar 1,5 juta barel per hari di pasar minyak pada paruh kedua tahun ini,” kata Carsten Fritsch, analis komoditas di Commerzbank. Frankfurt.

Harga minyak mendapat dukungan dari pasokan bensin yang ketat. Presiden AS Joe Biden mengatakan kepada perusahaan minyak untuk menjelaskan mengapa mereka tidak memasukkan lebih banyak bensin ke pasar. 

 

3 dari 4 halaman

Harga Minyak Kemarin

Sebelumnya, harga minyak naik di perdagangan Asia pada Rabu sore, rebound dari kerugian di awal sesi, di tengah kekhawatiran atas permintaan bahan bakar dan ekonomi yang lebih luas menjelang kenaikan besar suku bunga yang diperkirakan oleh Federal Reserve (Fed) AS.

Dikutip dari Antara, dalam sesi yang bergejolak, harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Agustus naik 46 sen atau 0,4 persen, menjadi diperdagangkan di 121,63 dolar AS per barel pada pukul 06.42 GMT setelah jatuh ke level 120,65 dolar AS di awal sesi dan melemah 0,9 persen pada Selasa (14/6/2022).

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman Juli naik 41 sen atau 0,3 persen, menjadi diperdagangkan di 119,34 dolar AS per barel, setelah mencapai level terendah 118,22 dolar AS di awal sesi dan jatuh 1,7 persen sehari sebelumnya.

Inflasi yang melonjak telah membuat investor dan pedagang minyak bersiap untuk langkah besar The Fed minggu ini - kenaikan 75 basis poin, yang akan menjadi kenaikan suku bunga AS terbesar dalam 28 tahun.

"Sinyal hawkish yang agresif dari Fed (AS) dapat meningkatkan kekhawatiran resesi global, yang dapat mengurangi permintaan pasar energi," kata Leona Liu, Analis DailyFX yang berbasis di Singapura.

"Jika The Fed mengumumkan kenaikan 75 basis poin malam ini, harga minyak mungkin sangat lemah terhadap dolar dalam jangka pendek karena Fed yang hawkish dapat mendorong investor mengalir ke mata uang safe-haven dolar dan memukul aset-aset sensitif risiko seperti minyak."

 

 

4 dari 4 halaman

Wabah Covid-19

Di sisi permintaan, wabah COVID terbaru di China, yang ditelusuri ke bar 24 jam di Beijing, telah menimbulkan kekhawatiran akan fase penguncian baru.

Namun perekonomian negara itu menunjukkan tanda-tanda pemulihan pada Mei setelah merosot di bulan sebelumnya karena produksi industri naik secara tak terduga.

Dalam laporan bulanannya, Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) berpegang pada perkiraannya bahwa permintaan minyak dunia akan melebihi tingkat pra-pandemi pada 2022.

"Secara keseluruhan, situasi penawaran/permintaan tetap dibatasi oleh pasokan, dan saya tidak dapat memperkirakan kenyataan itu berubah sampai ekonomi dunia melambat tajam," kata Analis Pasar Senior OANDA, Jeffrey Halley.

Namun, menawarkan beberapa dukungan untuk harga adalah pasokan yang ketat, yang telah diperburuk oleh penurunan ekspor dari Libya di tengah krisis politik yang telah memukul produksi dan pelabuhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.