Sukses

Elnusa Pastikan Distribusi LPG di Sulawesi Utara Lancar

Liputan6.com, Jakarta PT Elnusa Tbk (ELNUSA IDX: ELSA), memastikan transportasi distribusi energi di Sulawesi Utara dan sekitarnya berjalan dengan lancar.

Pekerjaan ini merupakan salah satu dari segmen bisnis distribusi & logistik energi yang dikelola oleh anak usahanya yaitu PT Elnusa Petrofin (Elnusa Petrofin).

Direktur Pengembangan Usaha Elnusa, Ratih Esti Prihatini, Direktur SDM & Umum Elnusa Tenny Elfrida dan didampingi Direktur Operational dan Marketing Elnusa Petrofin Nur Kholis bertandang ke dua titik denyut nadi penggerak energi di Sulawesi Utara, Integrated Terminal Bitung dan Mini Depot LPG Amurang.

Kunjungan tersebut dibalut dalam kegiatan Management Walkthrough (MWT) guna memastikan operasional berjalan lancar sesuai prosedur dan penerapan Health Safety Security & Environment (HSSE) dilaksanakan dan dipahami oleh seluruh pekerja.

Direktur Pengembangan Usaha Elnusa, Ratih Esti Prihatini menyampaikan apresiasi atas upaya kerja tim di Integrated Terminal (IT) Bitung dan Depot LPG Amurang dalam menghantarkan energi di Sulawesi Utara sejak bulan puasa hingga usai lebaran kemarin berjalan dengan lancar.

“Ini merupakan bukti nyata sinergi yang solid antara Pertamina juga Elnusa Petrofin dalam menyelesaikan pekerjaan dan semoga hal ini dapat terus di pertahankan bahkan ditingkatkan untuk lebih baik lagi ke depan," kata Ratih dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (11/6/2022).

"Selalu utamakan aspek HSSE, terus aktifkan komunikasi dan koordinasi, karena kita satu keluarga Elnusa juga Pertamina yang harus saling menjaga satu sama lain," lanjut dia.

Pada kesempatan yang sama, Direktur SDM & Umum Elnusa Tenny Elfrida juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Perwira Elnusa Petrofin di IT Bitung dan Mini Depot LPG Amurang.

“Tahun ini serentak masyarakat di seluruh Indonesia diperbolehkan untuk mudik oleh Presiden Jokowi, dan Perwira Elnusa Petrofin sebagai garda terdepan yang menghantarkan energi di wilayah Sulawesi Utara ini telah bersama-sama menjaga kinerja operasi dan HSSE dengan baik tanpa adanya tanda kelangkaan BBM saat high season kemarin," lanjut dia.

"Selalu ingat tiga hal yang merupakan kunci sukses untuk mengurangi potensi bahaya pada pekerjaan yang berisiko tinggi yakni pentingnya HSSE Golden Rules yaitu, Patuh, Intervensi, dan Peduli. Dengan penerapan HSSE Golden Rules kami yakini operasional di IT Bitung dan Mini Depot LPG Amurang dapat menorehkan kinerja HSSE yang excellent hingga akhir tahun nanti," ujar Tenny.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Zero Accident

 

Sementara itu, Direktur Operational dan Marketing Elnusa Petrofin Nur Kholis mengucapkan terima kasih atas kinerja HSSE di dua wilayah operasi ini yang hingga sekarang masih mencatatkan zero accident, terus pertahankan dengan baik hingga akhir 2022 ini ke depan.

“Selain mengutamakan HSSE, juga bekerjalah dengan amanah tanpa mencoba yang bukan hak nya, dan yang terakhir adalah selalu jaga kebersihan di lingkungan dimana kita bekerja, dengan alat kerja yang bersih dan nyaman, bekerjapun akan semakin menghasilkan kinerja yang baik ke depan," kata Nur Kholis.

Integrated Terminal Manager Bitung PT Pertamina Patra Niaga, Rudi Mahendra menyambut baik kehadiran Management Elnusa.

“Kehadiran Management Elnusa dalam MWT ini merupakan bukti nyata komitmen terhadap aspek HSSE di wilayah operasi. Saat ini yang terpenting dan utama, terus pertahankan dan tingkatkan aspek HSSE yang sudah berjalan dengan baik serta komunikasi antara Elnusa dan Pertamina, dengan demikian pekerjaan ke depan akan semakin mudah. Untuk Mini Depot LPG Amurang, tingkatkan kewaspadaan dan lakukan mitigasi serta antisipasi berbagai kemungkinan terburuk yang mungkin bisa terjadi.” Ujar Rudi.

Segmen jasa distribusi & logistik energi ini merupakan salah satu mesin pertumbuhan yang berkontribusi besar untuk Elnusa. Elnusa Petrofin dipercaya untuk mengelola transportasi energi di Integrated Terminal Bitung sejak tahun 2009.

Sementara itu Elnusa juga dipercaya oleh Pertamina untuk pengoperasian Mini Depot LPG Amurang dengan kapasitas penuh sebesar 2 x 1000 Metrik Ton (MT) ini sejak tahun 2019.

Adapun jalur distribusi Mini Depot LPG Amurang untuk memenuhi kebutuhan LPG subsidi maupun nonsubsi di seluruh wilayah Sulawesi Utara dan sebagian Gorontalo yang disalurkan dan dibawa oleh skid tank menuju tujuh stasiun pengisian bulk elpiji (SPBE).

 

3 dari 3 halaman

TJSL

Dalam rangkaian kegiatan MWT, Petrofin Peduli meluncurkan Program Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Armada Transportasi Sampah Desa Sapa Raya (ASIAP) di Amurang. Program ASIAP diharapkan mampu memberikan solusi tepat guna kepada masyarakat dalam mengatasi sampah di laut.

Adapun secara simbolis sebagai langkah awal yang akan berkelanjutan, ASIAP ditandai dengan penyerahan unit motor operasional kapasitas 300 L untuk pengangkutan sampah.

Mini Depot LPG Amurang ini menjadi salah satu tulang punggung perekonomian wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo. Tidak hanya itu, kehadiran Elnusa juga diharapkan dapat memberikan warna serta manfaat kepada wilayah sekitar dengan melibatkan putera daerah dalam operational serta keberlangsungan bisnis Elnusa.

Elnusa juga berkomitmen untuk berkontribusi kepada negeri sebagai salah satu bagian dukungan terhadap ketahanan energi nasional dan berperan aktif mendukung Subholding Upstream, Pertamina Group dan KKKS lainnya dalam mewujudkan target peningkatan produksi nasional minyak 1 juta barel per hari (BOPD) dan gas bumi 12 miliar standar kaki kubik per hari (MMscfd) pada 2030 mendatang.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS