Sukses

5 Langkah Melek Keuangan, Jalan Menuju Bebas Drama Kehidupan

BebasDrama kehidupan dan keuangan tak cukup bisa dicapai hanya dengan memiliki gaji tinggi, percuma punya uang banyak tapi tidak bisa mengelolanya.

Liputan6.com, Jakarta Hidup tentram, bahagia dan #BebasDrama keuangan pasti menjadi keinginan setiap orang, para pemuda/pemudi, lajang, maupun sudah berkeluarga. Pasalnya, #BebasDrama keuangan tak cukup bisa dicapai hanya dengan memiliki gaji tinggi, percuma punya uang banyak tapi tidak bisa mengelolanya. Jadi salah satu caranya adalah dengan melek keuangan.

Secara umum, pengertian melek keuangan adalah kemampuan untuk mengelola finansial secara teratur dengan sejumlah ilmu pengetahuan dan keterampilan, agar mampu mencapai kesejahteraan hidup. Yuk ikuti tips-tips berikut ini agar kamu bisa melek keuangan!

1. Pelajari Seputar Dunia Keuangan

Mempelajari berbagai hal yang berkaitan dunia keuangan dapat membantu kamu mengelola keuangan lebih baik. Tidak ada alasan untuk menunda, sebab media belajar sekarang sangat terbuka dan bahkan gratis. Mulai dari buku, materi digital, media sosial, hingga berita-berita terkait keuangan.

2. Rencanakan Keuangan, Jangan Asal Belanja

Untuk memastikan kondisi keuangan sehat, kita harus memiliki perencanaan keuangan. Jangan asal belanja dan menggunakan uang, terlebih mengikuti keinginan semata, tidak melihat segi kebutuhannya. Dengan adanya perencanaan, kamu dapat menyeimbangkan alokasi pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari, keinginan dan simpanan untuk masa mendatang.

3. Tetapkan Target dan Impian

Dalam perencanaan keuangan, kamu juga perlu menetapkan target dan impian. Sehingga bisa menahan diri untuk tidak boros atau menghamburkan uang. Impian mendorong kamu untuk berhemat, menabung dan bahkan semangat mengumpulkan uang. Pastikan impiannya yang positif dan bermanfaat, bukan sekadar bermewah-mewah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Investasi, Bukan Hanya Menabung

Menabung merupakan pondasi penting dalam membangun keuangan di masa sekarang dan masa depan. Umumnya, orang menyimpan uang di bank yang aman dan minim risiko. Namun seiring perkembangan finansial teknologi (fintech), para milenial juga menyimpan uang di e-wallet atau dompet digital.

Dengan semakin meningkatnya literasi keuangan kamu, cobalah untuk mengambil peluang finansial yang jauh lebih menguntungkan dengan berinvestasi. Kamu bisa mulai dengan yang minim risiko, seperti produk tabungan dan deposito. Setelah sudah merasakan manfaatnya kamu dapat next step ke beberapa jenis investasi untuk memaksimalkan keuntungan seperti reksadana, obligasi, saham dan lainnya.

5. Belajar dari Mentor dan Para Ahli

Konsisten mempelajari investasi merupakan salah satu cara mewujudkan melek finansial dengan cepat. Namun, jangan hanya belajar sendiri, tingkatkan kemampuanmu dengan belajar dari mentor dan para ahli finansial. Mereka yang terbukti sukses dan berhasil, bukan crazy rich dadakan, bisa kamu jadikan contoh.

Akses untuk bisa mendapatkan pembelajaran dari mereka pun sangat mudah, salah satunya dengan webinar DANA Virtual Expert Talks Live di detik.com yang berlangsung pada 17 Juni 2022, pukul 14.00 - 15.00 WIB. Webinar kali ini mengusungs tema ""Merdeka Finansial dari Sekarang". Kamu dapat belajar tentang cara-cara untuk merdeka finansial dari muda bersama Fellexandro Ruby (Financial Influencer & Content Creator) dan Felicia Tjisaka (Financial Storyteller & Co-Founder Ternak Uang).

Jadilah peserta yang aktif karena akan ada 6 partisipan yang berkesempatan untuk memenangkan hadiah Saldo DANA jutaan rupiah. Ingat, Jum’at sore (17/6) mulai pukul 14.00 WIB ya!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini