Sukses

PLN Pasok Listrik untuk Formula E dari Pembangkit Listrik Energi Terbarukan

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) siap memasok listrik untuk ajang balap mobil listrik Formula E dengan energi hijau ramah lingkungan, bebas polusi udara dan suara. Hal ini sejalan dengan program Pemprov DKI “Jakarta Langit Biru”.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan mengatakan dari daya listrik yang dibutuhkan dalam ajang balap mobil listrik tersebut sebesar 7 MVA nantinya akan dipenuhi PLN dari energi hijau yang terjamin dalam produk Renewable Energy Certificate (REC).

Melalui REC, PLN memastikan energi yang digunakan berasal dari pembangkit listrik berbasis energi terbarukan (EBT) yang diaudit oleh sistem tracking internasional, APX TIGRs yang berlokasi di California, Amerika Serikat.

"Dengan begitu, penyelenggara Formula E dapat membuktikan eksistensinya dalam berkontribusi mengurangi emisi karbon dengan menggunakan energi yang berasal dari pembangkit EBT di Indonesia,” ungkap Doddy dalam keterangan tertulis, Kamis (12/5/2022).

Hal ini sejalan dengan program Pemprov DKI “Jakarta Langit Biru” untuk mendukung terciptanya udara bersih di Jakarta. Target Jakarta menjadi kota nol emisi pada 2050, dimulai dengan transportasi bebas emisi, berkelanjutan dan sistem transportasi terintegrasi. Penyelenggaraan Formula E bertujuan mengkampanyekan udara bersih Jakarta.

"Kami siap mendukung penyelenggaraan Formula E dengan energi ramah lingkungan, bebas polusi udara dan suara dari produk energi terbarukan," ujar Doddy.

Total investasi untuk memenuhi kebutuhan listrik Formula E senilai Rp 7 miliar. Untuk mendukung ajang internasional tersebut, PLN telah mempersiapkan Saluran Kabel Tegangan Menengah (SKTM) yang telah digelar sepanjang  6,8 kilometer sirkuit (kms). Pembangunan gardu sudah mencapai 90 persen dan direncanakan selesai 100 persen pada 25 Mei 2022.

Dalam hal keandalan, PLN sudah menyiapkan 4 lapis pasokan listrik termasuk menggunakan Uninterruptible Power Supply (UPS) yang menjamin listrik tanpa kedip.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Penjualan Tiket Formula E Jakarta Dibuka Mulai 1 Mei 2022

Penjualan tiket ajang balap mobil listrik Formula E Jakarta mulai dibuka pada 1 Mei 2022. Penjualan tiket tersebut akan dilakukan secara online atau daring.

Chairman Organizing Comittee Jakarta E Prix, Ahmad Sahroni, mengajak seluruh masyarakat untuk menyaksikan balapan Formula E yang pertama kalinya berlangsung di tanah air,

Sahroni mengungkapkan, harga tiket Formula E dijual dengan harga mulai dari Rp250 ribu hingga Rp10 juta. Penonton dapat membeli tiket melalui situs www.jakartaeprix.goersapp.com sampai 4 Juni 2022.

"Penjualan tiket dibuka 1 Mei semua by website. Silakan semua masyarakat yang ingin menonton pelaksanaan Formula E dan pada event ada artis-artis luar biasa di sana," ujar Ahmad Sahroni di Jakarta, Rabu (27/4/2022), seperti dilansir Antara.

Menurut politisi Partai NasDem ini, pihak penyelenggara menyediakan hingga 60 ribu tiket untuk masyarakat yang hendak menonton. Jumlah tersebut sudah sesuai dengan kapasitas sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara.

"Untuk penonton kita maksimalkan sampai 60 ribu," ucap Sahroni.

3 dari 3 halaman

Nyaris Selesai

Kemudian, Sahroni menerangkan, pembangunan sirkuit Formula E di Ancol Jakarta Utara, sudah hampir selesai. Tinggal menyisakan area paddock dan grandstand yang ditargetkan selesai akhir Mei 2022.

"Kita sudah rampung sirkuit. Sangat luar biasa dan gembira karena bapak presiden kemarin hadir di sirkuit langsung dan melihat bersama pak Gubernur," kata Sahroni.

Sebanyak 16 seri balapan Formula E terdapat dalam kalender balap 2022, termasuk seri Jakarta. Jika sesuai jadwal, maka balapan mobil listrik Formula E atau Jakarta Eprix bakal berlangsung pada 4 Juni 2022 di kawasan Ancol, Jakarta Utara.