Sukses

Pembangkit Listrik Ramah Lingkungan Bertambah Lagi, Menteri ESDM Resmikan PLTGU Milik Medco

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) 275 MW yang berlokasi di komplek industri Tenayan Raya, Pekanbaru, Riau. PLTGU ini merupakan pembangkit ramah lingkungan yang akan memasok listrik di Riau dan Sumatera.

PLTGU Riau dimiliki dan dioperasikan oleh PT Medco Ratch Power Riau (MRPR), perusahaan patungan antara PT Medco Power Indonesia dengan Ratch Group. PT MRPR telah mengoperasikan secara komersial PLTGU Riau sejak Februari 2022.

Acara peresmian ini juga dihadiri oleh Direktur Utama PT PLN Persero Darmawan Prasodjo, Wakil Gubernur Provinsi Riau Edy Natar Nasution, Direktur Utama PT Medco Energi Internasional Tbk Hilmi Panigoro dan Presiden Direktur PT Medco Power Indonesia Eka Satria.

Presiden Direktur Medco Power Eka Satria mengatakan, dengan mesin combined cycle berbasis teknologi terkini, PLTGU Riau menghasilkan listrik yang efisien. Kemudian ramah lingkungan dan memenuhi standar Internasional untuk emisi gas buang dan manajemen kualitas lingkungan.

"Penyelesaian proyek PLTGU Riau menunjukkan komitmen Medco Power dalam mendukung program Pemerintah dalam mengembangkan infrastruktur mega-proyek kelistrikan, sekaligus mengembangkan portofolio bisnis gas to power kami secara berkelanjutan," katanya mengutip keterangan resmi, Kamis (12/5/2022).

Sementara itu, Direktur Utama MedcoEnergi Hilmi Panigoro mengatakan PLTGU Riau adalah bagian dari komitmen kami dalam menyediakan energi bersih dan ramah lingkungan.

"Proyek ini juga sejalan dengan komitmen MedcoEnergi dalam mencapai emisi Net Zero untuk Scope 1 dan Scope 2 pada 2050 dan Scope 3 pada 2060 serta mendukung program energi transisi Pemerintah," kata dia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Proyek Strategis Nasional

Sebelumnya diketahui, proyek ini masuk ke dalam salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang telah tersambung dengan sistem kelistrikan Sumatra serta mendukung upaya penurunan intensitas emisi gas rumah kaca, khususnya di Riau dan Sumatra Bagian Tengah.

Presiden Direktur Medco Power Eka Satria mengatakan, penyelesaian proyek PLTGU Riau menunjukkan komitmen pihaknya mendukung pemerintah dalam program pengembangan sosial danekonomi, serta mengembangkan portofolio bisnis Gas to Power.

"Saya juga bangga dengan tim proyek yang dapat menyelesaikan proyek penting ini dengan sukses dan aman, PLTGU Riau telah membukukan 8,6 juta safe man hours," ujar Eka, Selasa (15/2/2022).

PLTGU Riau merupakan pembangkit gas combined cycle berbasis teknologi terkini, memiliki efisiensi tinggi dan memenuhi standar internasional untuk manajemen kualitas lingkungan. Total investasinya mencapai USD 290 juta.

Pihak sponsor juga bekerjasama dengan institusi keuangan internasional seperti Asian Development Bank (ADB), International Finance Corporation (IFC), MUFG Bank, dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation.

 

3 dari 3 halaman

Tantangan

CEO MedcoEnergi Roberto Lorato menyampaikan, operasi komersial PLTGU Riau telah dilalui dengan aman dan mengatasi tantangan Covid-19.

"PLTGU Riau merupakan bagian dari strategi kami dalam mengembangkan portfolio rendah karbon dan mencapai net zero emission untuk Scope 1 dan Scope 2 pada 2050, dan Scope 3 pada 2060, juga untuk mendukung program transisi energi pemerintah," ungkapnya.