Sukses

Semen Indonesia Genjot Penurunan Emisi Karbon lewat Pengelolaan Sampah

Semen Indonesia memanfaatkan sampah kota yang sebelumnya telah diolah menjadi Refused Derived Fuel (RDF) sebagai energi alternatif pengganti batu bara di Pabrik Narogong dan Cilacap.

Liputan6.com, Jakarta - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) dalam operasionalnya terus melakukan inisiatif penurunan emisi karbon. Pada 2020, perseroan telah melakukan beberapa program kerja utama yang merupakan bagian dari SIG Sustainability Initiatives untuk mendukung upaya penurunan emisi karbon.

Program-program kerja utama 2020 tersebut diantaranya adalah penurunan clinker factor, peningkatan pemakaian alternative fuel (biomassa dan RDF) serta efisiensi energi (listrik dan thermal).

Corporate Secretary Semen Indonesia Vita Mahreyni mengatakan, dalam hal pemanfaatan alternative fuel selain menggunakan biomassa, SIG juga memanfaatkan sampah kota yang sebelumnya telah diolah menjadi Refused Derived Fuel (RDF) sebagai energi alternatif pengganti batu bara di Pabrik Narogong dan Cilacap.

"Pemanfaatan sampah menjadi bahan bakar alternatif ini merupakan solusi untuk pengelolaan lingkungan masyarakat yang lebih baik," kata Vita, Kamis (28/4/2022).

"Selain itu, Perseroan juga memanfaatkan panas gas buang dari proses pembakaran sebagai pembangkit listrik dengan teknologi Waste Heat Recovery Power Generation (WHRPG) di Pabrik Tuban dan Indarung," imbuhnya.

Dari upaya yang dilakukan, SIG berhasil menurunkan emisi CO2 spesifik cakupan 1 dari 634 kg CO2 per ton semen ekuivalen pada tahun 2019 menjadi 607 kg CO2 per ton semen ekuivalen pada tahun 2020.

Sedangkan untuk cakupan 1 dan 2 SIG berhasil menurunkan emisi CO2 spesifik dari 693 kg CO2 per ton semen ekuivalen pada 2019 menjadi 659 kg CO2 per ton semen ekuivalen pada 2020.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Raih 2 Penghargaan

Atas kontribusi tersebut, Semen Indonesia juga berhasil meraih dua penghargaan pada ajang Penghargaan Transparansi Emisi Korporasi 2022 yang diselenggarakan oleh Majalah Investor. SIG meraih Penghargaan Sektor Emiten dan BUMN kategori Transparansi Penurunan Emisi dengan Gelar Green Elite dan Penghargaan Sektor Emiten dan BUMN Kategori Transparansi Perhitungan Emisi dengan Gelar Gold Plus.

Penghargaan kategori Green Elite diberikan kepada perusahaan yang mengungkapkan adanya pencapaian dan perhitungan penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) serta perhitungan GRK termasuk dalam lingkup assurance/verifikasi pihak ketiga independen.

Sedangkan kategori Gold Plus untuk perusahaan yang mengungkapkan perhitungan 2 cakupan/scope emisi dan perhitungan GRK termasuk dalam lingkup assurance/verifikasi pihak ketiga independen.

3 dari 3 halaman

Semen Indonesia Sebar 33 Ribu Paket Sembako

Sebelumnya, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) menyalurkan 33.000 paket sembako senilai Rp 1,9 miliar dalam program Ramadhan untuk 4 kabupaten.

Kabupaten ini yakni Kabupaten Probolinggo dan Gresik, Jawa Timur, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, serta Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

General Manager of CSR SIG Edy Saraya mengatakan, penyaluran sembako ini wujud upaya perseroan dalam memberi dukungan terhadap program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Menurutnya, dampak pandemi Covid-19 masih dirasakan oleh sebagian masyarakat. Karena itu melalui bantuan paket sembako diharapkan dapat meringankan beban ekonomi masyarakat.

"Semoga bantuan ini bermanfaat dan menjadi sarana bagi Perusahaan untuk berbagi di bulan suci Ramadan, dan perekonomian segera pulih sehingga masyarakat dapat segera beraktivitas secara normal," kata Edy, Kamis (14/4/2022).

Penyaluran 33.000 paket sembako dilakukan secara bertahap mulai Selasa (12/4/2022) hingga Jumat (15/4/2022),

Dengan rincian, 5.000 paket sembako diserahkan melalui Yayasan Brilian Azzahra Arifin di Desa Sukorejo, Probolinggo. Kemudian 10.000 paket sembako melalui Yayasan Ajisaka Binangun, Desa Sedadi, Grobogan, yang telah diserahkan pada Selasa (12/4/2022).

Sedangkan 8.000 paket sembako diserahkan melalui yayasan Muhammad Abdul Wahab, Desa Sidomoro, Gresik, Rabu (13/4/2022).

Selanjutnya, 10.000 paket sembako akan di serahkan melalui Rumah Aspirasi Halal, Kelurahan Jupandang, Enrenkeng pada Jumat (15/4/2022). Satu paket sembako berisi beras 5 kg, gula 1 kg, minyak goreng 1 kg dan 2 kaleng sarden.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini