Sukses

Erick Thohir: Pembangunan Infrastruktur Jadi Kunci Pertumbuhan Ekonomi

Menteri BUMN Erick Thohir kembali mengingatkan pentingnya pembangunan infrastruktur untuk mencapai pertumbuhan ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir kembali mengingatkan pentingnya pembangunan infrastruktur untuk mencapai pertumbuhan ekonomi.

Pernyataan itu disampaikannya dalam State Owned Enterprises (SOE) Investor Roundtable: Waskita Karya, Senin (18/4/2022) pagi.

"Kami menekankan kembali bahwa Pembangunan infrastruktur menjadi kunci pertumbuhan ekonomi Indonesia. Seperti transformasi BUMN, yang tidak hanya punya impact ke BUMNnya, tetapi pada perekonomian nasional," tulis Erick Thohir melalui akun Instagram @erickthohir.

Dalam hal ini, Ia mengapresiasi PT Waskita Karya (Persero) Tbk selaku perusahaan BUMN yang tetap berkomitmen menggenjot potensi keuntungan investasi, atau Internal Rate of Return (IRR).

"Saya mengapresiasi transformasi @waskita_karya yang on track, terus meningkatkan IRR dan investasi strategis termasuk pekan lalu dengan Indonesia Investment Authority," ungkapnya.

Sebelumnya, Waskita Karya melalui unit bisnis Building Division telah dipercaya untuk membangun sejumlah infrastruktur kereta api di wilayah Medan, Sumatera Utara dan sekitarnya.

Di dalam kontrak tersebut, Waskita Karya dipercaya untuk pembangunan proyek Jalur Kereta Api Lintas Medan-Binjai dan Medan-Araskabu (JLKAMB 1) dengan nilai kontrak Rp 126 miliar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proyek Lain

Selain Jalur Kereta Api, Waskita juga meraih kontrak untuk pembangunan Emplasemen dan Bangunan Stasiun Medan Tahap II (JLKAMB 6) dengan nilai kontrak Rp 382 miliar.

Stasiun ini adalah stasiun kereta api kelas besar tipe B yang terletak di perbatasan antara Kelurahan Kesawan (Medan Barat) dan Gang Buntu (Medan Timur).

Stasiun yang terletak pada ketinggian 22 meter di atas permukaan laut ini merupakan stasiun kereta api utama PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional I Sumatra Utara dan Aceh yang setiap harinya melayani ribuan penumpang ke berbagai wilayah di Sumatra Utara.

3 dari 4 halaman

Erick Thohir: BUMN Bukan Sapi Perah!

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan sebagai salah satu lokomotif perekonomian Indonesia, BUMN harus terus menjaga amanah dan membentuk ekosistem yang bisa bermanfaat, dan diandalkan oleh masyarakat Indonesia.

"Saya akan pastikan agar BUMN dapat menjalankan perannya sebagai salah satu agen pembangunan bangsa," ungkap Erick Thohir melalui akun Instagram pribadinya @erickthohir, dikutip, Jumat (15/4/2022).

Dalam video yang dibagiakannya, Erick menegaskan visi dari Kementerian BUMN, bahwa dia bukan melihat BUMN itu sebagai sapi perah atau pun tempat memperpanjang birokrasi.

"Kita bukan melihat BUMN itu sebagai sapi perah," tegasnya.

 

4 dari 4 halaman

Ekosistem

Melainkan, perusahaan-perusahaan BUMN ini menjadi ekosistem lokomotif yang bisa menjaga persaingan Indonesia di dunia. Karena memang BUMN harus bisa mengintervensi ketika tidak terjadi keseimbangan.

"Karena itu, saya membuat beberapa catatan tahun ini kita harus menjadi Kementerian Pertama yang menjalankan e-goverment, sepakat?," ucap Erick.

Bahkan, core values Kementerian BUMN "AKHLAK" sekarang dipakai oleh berbagai Kementerian. Disisi lain, Erick mengharapkan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) berjalan kembali.

"Jangan kita menjadi negara maju tetapi melupakan kebudayaan kita, dan olahraga jni menyatukan kebersamaan kita juga dan mendorong yang namanya fighting spirit," pungkasnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.