Sukses

PLN Rampung Bangun SUTET 500 kV Jalur Utara Jawa Senilai Rp 1,4 Triliun

PLN memanfaatkan barang dan jasa industri domestik dengan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 84,165 persen.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) meningkatkan jaringan kelistrikan dan interkoneksi dengan membangun Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kilo Volt (kV) Jalur Utara Jawa. Pembangunan SUTET 500 kV PLTU Indramayu – Cibatu Baru (Deltamas) senilai Rp 1,4 triliun telah selesai.

General Manager PLN UIP JBT Djarot Hutabri EBS mengatakan, pengoperasian SUTET 500 kV PLTU Indramayu – Cibatu Baru (Deltamas) ditandai dengan disalurkannya tegangan perdana. Proyek strategis nasional (PSN) ini akan mengevakuasi daya dari pembangkit-pembangkit listrik besar di Utara Jawa Tengah dan Jawa Barat.

“Pertumbuhan beban dan penambahan kapasitas pembangkit memerlukan pengembangan jalur  transmisi, baik transmisi baru maupun perkuatan transmisi eksisting. Oleh karena itu, kami sangat bangga telah menyelesaikan rangkaian SUTET Jalur Utara Jawa ini,” ujar Djarot dalam keterangan tertulis, Senin (2/3/2022). 

Djarot menjelaskan proyek SUTET 500 kV PLTU Indramayu – Cibatu Baru (Deltamas) ini menjadi penutup dari serangkaian pembangunan PSN infrastruktur ketenagalistrikan Backbone Jalur Utara Jawa yang terdiri dari 235 tapak tower dan 1 Low Level Gantry (LLG) sepanjang 204,4 kilometer sirkit (kms).

SUTET 500 kV PLTU Indramayu – Cibatu Baru (Deltamas) akan mengalirkan daya dari PLTU Indramayu di Kabupaten Indramayu sampai dengan Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Cibatu Baru (Deltamas) yang berlokasi di Sukamukti, Kecamatan Bojongmangu, Kabupaten Bekasi.

"Dengan dukungan dari berbagai pihak dan stakeholder, proses energize SUTET 500 kV PLTU Indramayu – Cibatu Baru (Deltamas) pada Line 1 alhamdulillah telah berhasil dilakukan pada hari Senin lalu, 14 Maret 2022 dan Line 2 pada kamis, 17 Maret 2022," tambah Djarot.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

TKDN Capai 84 Persen

Dalam pembangunannya, PLN memanfaatkan barang dan jasa industri domestik dengan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 84,165 persen. Hal ini sesuai dengan komitmen PLN untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri di berbagai proyek kelistrikan demi memacu pertumbuhan industri dan perekonomian  nasional.

Selama pembangunan SUTET 500 kV PLTU Indramayu – Cibatu Baru (Deltamas), proyek ini berhasil menyerap tenaga kerja lokal hingga 1.378 orang.

Lebih lanjut, ia berharap bahwa suksesnya pembangunan jaringan transmisi dapat meningkatkan mutu pelayanan bagi pelanggan dengan pasokan listrik yang lebih andal dan meminimalisir terjadinya pemadaman.

Ke depannya, PLN berkomitmen akan terus melakukan percepatan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan guna memberikan energi listrik berkualitas untuk menerangi seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.