Sukses

Fakta Parade MotoGP Para Pebalap Dunia Hebohkan Jakarta

Para pelabap kelas dunia bertemu dengan Presiden Jokowi dan menggelar parade di jalan protokol Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Para pembalap MotoGP menggelar parade di Jakarta, pada hari ini, Rabu 16 Maret 2022 sebelum saling berjuang di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Parade MotoGP merupakan bentuk seremoni penyambutan sebelum para pembalap berlaga di Sirkuit Mandalika.

Sebelum berparade di Jakarta, para pebalap diterima Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Parade dimulai dari Istana Negara, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. 

Berikut adalah beberapa fakta parade MotoGP di Jakarta, yang dirangkum Liputan6.com:

Sarapan Pagi dengan Presiden Joko Widodo

Selain parade, para pembalap beraudiensi sambil menghadiri acara sarapan pagi bersama Presiden Jokowi, pada Rabu (16/3/2022) di Istana Negara Jakarta.

"Rencananya Bapak Presiden akan menerima para pembalap ini, diawali dengan sarapan bersama, lalu akan ada bincang-bincang sebentar di Istana," kata Wakil Direktur Mandalika Grand Prix Asssociation (MGPA), Cahyadi Wanda kepada awak media, Selasa (15/3).

"Akhirnya pada 10.00 WIB, para pembalap akan dilepas secara resmi oleh Presiden sekaligus mengucapkan selamat bertanding di Mandlalika," lanjutnya.

Pada acara sarapan pagi dengan Jokowi, pebalap yang hadir di antaranya adalah Marc Marquez, Joan Mir, Alex Rins, Francesco Bagnaia, Jack Miller, Maverick Vinales, Alex Marquez, dan Takaaki Nakagami.

Parade dengan Atraksi Burnout

Usai bertemu Jokowi, parade para pebalap dunia digelar. Parade dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Baby Allien--julukan Marc Marquez berada di posisi terdepan memimpin parade MotoGP di Jakarta. Mereka kemudian berkendara melintasi jalan Thamrin hingga ke Bundaran HI. 

Untuk lebih memeriahkan parade ini, beberapa pembalap tampak melakukan burnout atau bakar ban hingga mengeluarkan asap berwarna putih.

Salah satunya adalah Francesco Bagnaia. Pembalap Ducati Lenovo itu tampak melakukan atraksi tersebut tidak lama sebelum tiba di titik akhir konvoi. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar 20 Pebalap Ikut Parade

Wakil Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Cahyadi Wanda mengatakan, para pembalap ini nantinya akan berparade mengitari Ibu Kota.

Jalur parade dimulai dari Istana hingga Hotel Kempinski kawasan Bundaran Patung Selamat Datang.

"Jadi dari 20 pembalap ini akan memulai rangkaiannya, paradenya itu dari Istana Merdeka hingga Hotel Kempinski," ungkapnya.

Beirkut adalah daftar lengkap nama pembalap yang mengikuti parade MotoGP : 

1. Marc Marquez (Repsol Honda)

2. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)

3. Johann Zarco (Pramac Racing)

4. Alex Marquez (LCR Honda Castrol)

5. Joan Mir (Suzuki Ecstar)

6. Gabriel Rodrigo (Pertamina Mandalika SAG)

7. Enea Bastianini (Gresini Racing)

8. Andrea Dovizioso (WithU Yamaha RNF MotoGP)

9. Pol Espargaro (Repsol Honda)

10. Jack Miller (Ducati Lenovo)

11. Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing)

12. Darryn Binder (WithU Yamaha RNF MotoGP)

13. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu)

14. Jorge Martin (Pramac Racing)

15. Bo Bendsneyder (Pertamina Mandalika SAG)

16. Alex Rins (Suzuki Ecstar)

17. Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team)

18. Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team)

19. Mario Aji (Honda Asia Team)

20. Veda Ega Pratama (Idemitsu Asia Talent Cup)

 

 

3 dari 4 halaman

Motor Pebalap

Deputi bidang Protokol, Pers dan Media Bey Machmudin mengatakan, motor para pembalap yang digunakan dalam even Grand Prix Indonesia di Mandalika terpajang di depan Istana Merdeka sebelum bertemu Presiden Jokowi.

"Bertemu dulu, bincang-bincang dulu dengan pembalap. Motor diparkir di jalan," terang Bey kepada wartawan, dikutip Rabu (16/3/2022).

Dijelaskannya, hal ini dilakukan agar masyarakat yang melintas di Jalan Medan Merdeka Utara dapat melihat langsung motor para pembalap MotoGP.

Bey menyebut motor akan diparkirkan di jalan sisi Istana Merdeka. "Supaya masyarakat yang kebetulan melewati jalan itu bisa melihat," jelas dia.

Jokowi Pamerkan Motor Balapnya ke Marc Marquez dan Para Pembalap MotoGP

Presiden Jokowi memamerkan motor balap pribadinya kepada para pembalap MotoGP lainnya yang datang ke Istana Merdeka Jakarta. Total ada 20 pembalap yang hadir, salah satunya Marc Marquez.

Berdasarkan siaran langsung dari chanel akun Sekretariat Presiden, Jokowi tampak mengajak para pembalap melihat motor balapnya yang diparkir di depan gedung Istana Merdeka. Kemudian, Jokowi sempat berbincang-bincang dengan para pembalap.

Perbincangan itu tampak santai. Marc Marquez bahkan terlihat tersenyum sumringah saat mendengar ucapan Jokowi. Marquez juga tampak berfoto dengan motor tersebut. Sayangnya, belum diketahui apa yang diperbincangkan Jokowi dan para pembalap itu.

Adapun motor balap Jokowi bewarna hijau dengan merek Kawasaki W175 yang sudah di custom.

Motor ini pernah dipakai Jokowi saat menjajal langsung lintasan Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika pada November 2021 lalu.

"Iya (betul)," Deputi bidang Protokol, Pers dan Media Bey Machmudin saat dikonfirmasi Liputan6.com soal motor yang dipamerkan Jokowi, Rabu.

4 dari 4 halaman

Polda Metro Siagakan 500 Personel

Polda Metro Jaya menyiapkan sebanyak 500 personel untuk mengamankan jalannya gelaran parade MotoGP di Jakarta dalam rangka penyambutan event MotoGP Mandalika 2022. Tentunya langkah tersebut diambil demi menjaga kelancaran even.

"MotoGP ini kami menyiapkan personel sebanyak 500, yang mana nanti akan kami gelar mulai dari dekat Istana sini sampai ke Kempinski, di masing-masing lokasi perempatan, bukaan, kami tertebal di situ," tutur Karo Ops Ditlantas Polda Metro Jaya Kombes Marsudianto kepada wartawan, Rabu (16/3/2022).

Menurut Marsudianto, petugas juga akan berjaga di sekitaran lokasi perkantoran. Sebab tempat-tempat itu berpotensi terjadi kerumunan.

"Untuk kantor-kantor yang mana nanti kemungkinan masyarakat akan berkerumun itu akan kami tempatkan personel, dengan harapan supaya mereka tidak ada yang sampai masuk ke jalur, mengganggu pelaksanaan dari pada saat itu sendiri," kata Marsudianto.

Aparat kemanan bersiaga menjelang kegiatan Parade pembalap MotoGP hari ini, Rabu (16/3/2022). Salah satu kawasan yang menjadi rute parade pembalap MotoGP dijaga petugas gabungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.