Sukses

Mengejutkan, Miliarder Elon Musk Mengaku Sumbangkan Rp 77 Triliun Saham Tesla ke Badan Amal

Miliarder Elon Musk menyumbangkan miliaran dolar sahamnya di Tesla ke sebuah badan amal pada November 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder terkaya di dunia, Elon Musk mengumumkan sudah menyumbangkan lebih dari USD 5 miliar saham di Tesla ke sebuah badan amal pada November 2021. 

Pengumuman itu datang beberapa pekan setelah Musk menyampaikan janji untuk menjual 10 persen kepemilikan sahamnya di Tesla.

Dilansir dari laman Forbes, Selasa (15/2/2022) Musk mentransfer 5.044.000 saham Tesla — yang bernilai lebih dari USD 5,4 miliar atau RP 77,1 triliun selama sepuluh hari pada November 2021, menurut pengajuan Komisi Sekuritas dan Bursa AS.

Namun, tidak disebutkan badan amal atau pihak yang menerima saham dari Musk itu.

Tetapi satu bulan sebelumnya, Musk menanggapi artikel tentang Program Pangan Dunia (WFP) dengan menuliskan di Twitter bahwa ia akan menyumbangkan USD 6 miliar melalui penjualan saham Tesla - jika badan tersebut bisa menjelaskan bagaimana sumbangannya akan mengatasi kelaparan dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Unggahan Populer Musk Soal Penjualan Sahamnya di Tesla

Pada November 2021, unggahan Elon Musk di Twitter membagikan jajak pendapat yang menanyakan pengikutnya apakah dia harus menjual 10 persen sahamnya di Tesla dalam upaya untuk melawan tuduhan penghindaran pajak.

Hampir 58 persen dari 3,5 juta responden jajak pendapat itu menjawab "ya."

Forbes memperkirakan Musk perlu menjual sekitar 17 juta saham senilai hampir USD 15 miliar untuk melakukan langkah tersebut, dan dia menjual lebih dari 9 juta saham pada November 2021.

Penjualan itu mungkin diperlukan untuk menutupi tagihan pajak miliaran dolar yang akan ditanggung Musk setelah menggunakan jutaan opsi saham Tesla.

Menurut Forbes, kekayaan bersih Elon Musk kini sebesar USD 224,4 miliar. Jumlah kekayaan itu menjadikannya sebagai orang terkaya di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.