Sukses

Komoditas Kopi Nasional Bisa Jadi Stimulator Pertumbuhan Ekonomi

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menginisiasi pameran dan forum ekonomi “Indonesia Premium Coffee Expo & Forum 2022”. Tujuan utama kegiatan ini adalah mengenalkan komoditas kopi nasional, dengan varietas unik kawasan tropis yang tak dimiliki negara lain, sebagai stimulator pertumbuhan ekonomi.

Kegiatan ini sekaligus merupakan wujud kerja bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dengan para pemangku utama pengembangan kopi nasional, seperti Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI), Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI), dan Gabungan Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (GAEKI) serta Cendekia Synergy selaku pelaksana kegiatan.

Mengawali penyelenggaraan tersebut, diselenggarakan kegiatan Pre–Launching sebagai upaya membangun aspirasi dan dukungan segenap pemangku kopi nasional, sehingga tercipta kesamaan pola pikir dan strategi dalam mengakselerasikan Indonesia Premium Coffee Expo & Forum 2022 sebagai forum ekonomi, memberikan dampak luas terhadap akses pemasaran serta membangun lapangan kerja baru untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional.

“Indonesia negara yang sangat kaya dengan beragam cita rasa kopi, untuk itu kita perlu membantu dan mendukung kopi Indonesia agar menjadi salah satu sumber ekonomi dan menjadi sumber pasar komoditas global di dunia,” ujar Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Musdhalifah Machmud dalam keterangan tertulis, Sabtu (29/1/2022).

2 dari 2 halaman

Menghasilkan Pemikiran dan Strategi

Kegiatan Premium Coffee Expo & Forum 2022 sendiri direncanakan akan diselenggarakan dengan platform Offline dan Hybrid pada tanggal 11 sampai dengan 13 Maret 2022 di Lapangan Banteng - Jakarta, dilanjutkan dengan pameran virtual.

Dengan adanya kegiatan Pre–Launching Indonesia Premium Coffee Expo & Forum 2022 tersebut, juga diharapkan dapat menghasilkan pemikiran dan strategi, menjadi media informasi dan komunikasi antara Pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat melalui pameran dan forum bisnis, serta membuka peluang kerjasama yang saling menguntungkan.

“Saya ucapkan terima kasih atas dukungan semua stakeholder baik dari Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Daerah, asosiasi, dan pihak swasta yang turut serta dalam acara ini,” pungkas Musdhalifah.