Sukses

Erick Thohir Buka Program Magang di 7 BUMN, Intip Cara Daftarnya

Program magang di BUMN ini merupakan pintu gerbang bagi para pelajar Indonesia di luar negeri, khususnya yang sedang menempuh S2 dan S3.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka program magang atau internship dengan tajuk Indonesia Global Talent Internship (IGTI) 2021. Program magang yang diperuntukkan bagi para pelajar yang berada di mancanegara ini akan tempatkan pada 7 BUMN.

Ketujuh BUMN tersebut dari berbagai sektor dengan rincian PT PLN (Persero), PT Biofarma (Persero), PT Pertamina (Persero), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Perkebunan Nusantara III (Persero), dan MIND ID.

Program internship itu merupakan kolaborasi antara Kementerian BUMN, Forum Human Capital Indonesia (FHCI), dan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia.

Program ini merupakan pintu gerbang bagi para pelajar Indonesia di luar negeri, khususnya yang sedang menempuh S2 dan S3, untuk berkesempatan berkontribusi langsung di 44 proyek strategis yang tersebar di tujuh BUMN.

“Semoga dengan program ini, dapat meningkatkan minat para pelajar Indonesia di luar negeri untuk kembali dan berkontribusi ke Indonesia setelah menyelesaikan studinya,” ujar Menteri BUMN, Erick Thohir dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/12/2021).

Program internship sangat tepat diselenggarakan dan relevan dengan kondisi masa kini, di mana disrupsi yang sekarang ini terjadi disebabkan oleh digitalisasi dan anak muda. Sehingga memang diperlukan keterlibatan generasi muda untuk perusahaan bisa berdaya saing.

"Ibarat kita ingin menang perang, kita harus memiliki tim yang mengerti apa yang dihadapi. Inilah pentingnya keberpihakan untuk memberikan kesempatan kepada kepemimpinan muda,” ungkapnya.

Menteri Erick menambahkan, dengan adanya bonus demografi mengingatkan BUMN untuk terus berkembang dan melakukan tranformasi, serta menyiapkan future leadership dan melakukan perbaikan disrupsi.

"Program ini harus berkesinambungan agar kita tidak mengulangi kesalahan yang dilakukan oleh negara-negara di Amerika Latin, yang lupa berinvestasi pada anak muda dan research and development," kata Erick Thohir.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Mendaftar

Dikutip dari instagram Kementerian BUMN, ter terdapat enam persyaratan untuk pendaftaran program IGTI 2021, sebagai berikut :

1. Mahasiswa aktif atau lulusan S2 atau S3 di mancanegara yang belum bekerja dibuktikan dengan menyertakan surat rekomendasi dari PPI negara.

2. Sehat jasmani maupun rohani.

3. Mengisi form surat komitmen dan pakta integritas (diunduh di data pendukung Ketika mendaftar online).

4. Membuat motivation letter.

5. Memenuhi berkas yang meliputi formulir pendaftaran, CV, dan ijazah atau transkrip nilai.

6. Bersedia melaksanakan kegiatan program intensif selama 3 bulan.

Adapun pendaftaran online peserta IGTI 2021 dapat diakses mulai tanggal 9 sampai 19 Desember 2021 pukul 23.59 WIB melalui tautan berikut : https://igti.fhcibumn.com/

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.