Sukses

5 Jurus Tak Biasa untuk Kumpulkan Kekayaan

Akan tetapi, tidak semua cara bisa Anda lakukan. Anda pun harus tetapi mempertimbangkan metode-metode membangun kekayaan yang ada.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun kekayaan. Mulai cara sederhana hingga modern mengikuti perkembangan saat ini.

Akan tetapi, tidak semua cara bisa dilakukan. Tentunya Anda pun harus tetap mempertimbangkan metode-metode membangun kekayaan yang ada. Caranya bisa dengan menyesuaikan kondisi finansial hingga kemampuan yang dimiliki.

Dari banyak cara yang ada, berikut beberapa pilihan teratas yang mungkin bisa Anda pertimbangkan untuk membangun kekayaan seperti melansir laman Go Banking Rates, Kamis (9/12/2021).

1. Kontrol Gaya Hidup 

Cara satu ini mungkin bukan menjadi satu-satunya upaya untuk membangun kekayaan. Namun, mengingat banyak orang yang tidak pandai menjalankan hidup sesuai kemampuan, secara tidak langsung hal ini juga bisa berpengaruh. Akhirnya hidup Anda berada di bawah kemampuan yang dimiliki.

Dibanding mengambil dua atau tiga pekerjaan untuk menghasilkan banyak pendapatan, lebih baik Anda mengontrol gaya hidup.

Anda bisa mengatur bagaimana gaya hidup yang wajar dengan menyesuaikan penghasilan yang sudah diperoleh. Jangan sampai gaya hidup tersebut justru menghabiskan pendapatan Anda.

Jika Anda mendapatkan gaji USD 50.000, tetapi untuk kehidupan sehari-hari hanya dengan USD 40.000, Anda sebenarnya sudah lebih kaya. Anda lebih kaya daripada seseorang yang berpenghasilan USD 150.000, namun pengeluarannya mencapai USD 160.000 per tahun.

Di sisi lain, jika Anda memang termasuk ke dalam keluarga kelas bawah, tentu Anda perlu mengurangi beberapa pemborosan untuk bisa membangun kekayaan. Anda murni berupaya mengumpulkan kekayaan dengan tidak berinvestasi yang memiliki risiko lebih besar.

2. Gabung crowdfunding

Di era modern saat ini, istilah crowdfunding mungkin cukup populer. Namun, bagi sebagian investor lawas, istilah tersebut mungkin terasa asing.

Cara kerja crowdfunding ini menggunakan kekuatan dari sekelompok individu yang melakukan investasi kecil untuk menghasilkan daya beli yang besar.

Dari penjelasan tersebut, crowdfunding mungkin menjadi pilihan investasi modern yang cocok. Selain itu, cara ini pun setidaknya layak bagi orang-orang yang memiliki keterbatasan dana, namun ingin membeli real estat misalnya.

Meskipun mungkin tidak bermodal ribuan dolar untuk membeli sebuah gedung atau apartemen, tetapi Anda bisa memilikinya jika bergabung dengan platform crowdfunding real estat.

Melalui platform tersebut Anda dapat bekerja sama dengan ribuan investor untuk mengumpulkan dana investasi yang cukup besar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Lain

3. Ambil Kemitraan Ekuitas

Baik baru mulai membangun kekayaan atau sudah menjadi investor berpengalaman, mengambil kemitraan ekuitas dalam bisnis adalah cara yang patut dicoba.

Jika baru saja memulai, Anda bisa meminta sebagian gaji dalam bentuk ekuitas perusahaan. Kemudian nantinya kicker ekuitas yang akan menjadikan investasi Anda substansial.

Akan tetapi jika sudah menjadi investor berpengalaman, Anda mungkin cukup menginvestasikan lump sum di satu atau beberapa perusahaan yang berbeda. Dari perusahaan tersebut Anda bisa lebih baik lagi membangun kekayaan.

4. Waralaba

Memilik waralaba juga bisa membantu Anda membangun kekayaan. Namun, membuka waralaba pun cukup berisiko. Akan tetapi, ketika sedang naik daun, Anda sendiri yang akan menerima pendapatan yang sangat menguntungkan.

Di samping itu, ketika membeli waralaba, Anda pada dasarnya membayar biaya untuk mengoperasikan outlet pribadi milik sendiri dari bisnis yang sudah ada.

Selain itu, ada pula manfaat lainnya yang dirasakan ketika Anda membeli waralaba. Salah satunya Anda sebagai pewaralaba bisa menjadi bagian dari bisnis terkenal yang sudah memiliki nama merek dan reputasi.

Misalnya, ketika membuka gerai burger baru milik sendiri, Anda harus mencari pelanggan dan memasarkan lokasi. Selain itu, bahkan Anda harus berupaya untuk mendapatkan perhatian banyak orang supaya burger tersebut laris.

Akan tetapi, ketika Anda mewaralabakan gerai McDonald's, misalnya, masyarakat mungkin sudah tidak asing lagi dengan menu yang disediakan. Sebab, gerai tersebut sudah dikenal banyak orang dan memiliki reputasi.

Jadi, meskipun waralaba menghabiskan lebih banyak uang untuk modal, tetapi semua itu akan kembali ketika sebuah toko atau gerai sudah mulai beroperasi. Selain itu, teknik ini pun termasuk salah satu cara untuk membangun kekayaan.

5. Pinjaman Peer-to-Peer

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya alasan pinjaman peer-to-peer bisa membantu membangun kekayaan.

Anda perlu tahu bahwa pinjaman peer-to-peer juga bisa membantu meningkatkan kekayaan. Teknik ini sebetulnya memang relatif baru.

Bisa dikatakan, ini pun bukan cara modern jika dibandingkan dengan berinvestasi di obligasi atau saham.

Pinjaman peer-to-peer ini tersedia melalui berbagai platform online. Secara tidak langsung, cara ini hampir serupa dengan crowdfunding. Dengan pinjaman peer-to-peer, Anda bisa memilih dari pilihan peminjam terbaik.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan tingkat bunga yang ditentukan dari peminjam. Mereka akan menjelaskan bagaimana uang itu akan digunakan.

Sementara itu, pinjaman peer-to-peer ini adalah cara untuk mendapatkan jumlah bunga yang layak seiring membantu orang yang membutuhkan.

Akan tetapi, jenis pinjaman ini tidak dijamin dan hanya sesuai dengan janji peminjam. Oleh karena itu, cara ini memiliki beberapa tingkat risiko.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.