Sukses

Jalan Tol Bandara Kertajati Tembus Tol Cipali Segera Beroperasi

Terbangunnya Jalan Tol Akses Bandara Kertajati ini akan mengoptimalkan fungsi dari BIJB Kertajati, karena saat ini bandara tersebut hanya baru menggunakan jalan provinsi.

Liputan6.com, Jakarta Pembangunan konstruksi ruas jalan tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang terkoneksi dengan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sepanjang 3,38 km sudah rampung. Secara keseluruhan jalan tol bandara BIJB ini siap untuk dioperasikan dalam waktu dekat.

Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Profesi Koentjahjo Pamboedi mengatakan, ruas Akses Tol Kertajati yang terkoneksi dengan Jalan Tol Cikopo-Palimanan sudah selesai secara fisik sejak September 2021.

Kemudian telah dilakukan Uji Laik Fungsi dan telah diterbitkan Setifikat Laik Operasinya agar siap dioperasikan. 

"Saat ini sedang dilakukan proses untuk penerbitan SK Pengoperasian oleh Bapak Menteri PUPR dalam waktu dekat. Semoga dapat segera dioperasikan untuk dinikmati oleh masyarakat," ujar Koentjahjo dalam keterangan tertulis, Jumat (26/11/2021).

Terbangunnya Jalan Tol Akses Bandara Kertajati ini akan mengoptimalkan fungsi dari BIJB Kertajati, karena saat ini bandara tersebut hanya baru menggunakan jalan provinsi. 

"Sehingga melalui kehadiran akses Tol ini akan mempercepat waktu tempuh berkendara, diperkirakan untuk area Jawa Barat dari Karawang, Bandung, hingga Cirebon dapat menggunakan bandara Kertajati ini baik untuk kegiatan domestik dan internasional," tambahnya.

Ruas Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dikelola Badan Usaha Jalan Tol PT ASTRA Tol Cipali yang  sekaligus mengoperasikan Jalan Tol Cikopo-Palimanan atau dikenal dengan sebutan Jalan Tol Cipali, serta PT Pembangunan Perumahan (Persero) dan PT ACSET Indonusa Tbk selaku kontraktor pelaksana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Keberadaan

Uniknya, pada pembangunan Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati terdapat ikon patung berbentuk Angklung khas Jawa Barat, yang berada ditengah Simpang Susun Kertajati yang terkoneksi dengan Jalan Tol Cipali.

Kehadiran Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dipercaya memberikan peran penting dalam mendukung pengembangan segitiga kawasan pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat, yaitu Pelabuhan Patimban di  Kabupaten Subang, Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, dan kawasan di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta.

Kehadiran tol ini siap menjadikan wilayah tersebut sebagai kawasan industri yang saling terkoneksi dan saling mendukung agar berdaya saing.

Dengan dibangunnya Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati bersamaan dengan target rampungnya pembangunan Jalan Tol Cisumdawu pada akhir 2021, diharapkan juga akan mendukung konektivitas menuju ke Bandara dengan mengurangi waktu tempuh dari Bandung sekitar 3 jam menjadi 1 jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.