Sukses

Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III 2021 Turun, Jokowi: Sebulan Penuh Kita Rem

Realisasi pertumbuhan ekonomi kuartal III-2021 hanya mencapai 3,51 persen secara year on year (yoy), dibandingkan kuartal II-2021 yang meroket sebesar 7,07 persen secara yoy.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi buka suara terkait realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III-2021 yang tidak secantik kuartal sebelumnya.

Di mana realisasi pertumbuhan ekonomi kuartal III-2021 hanya mencapai 3,51 persen secara year on year (yoy), dibandingkan kuartal II-2021 yang meroket sebesar 7,07 persen secara yoy.

Jokowi menyatakan, penurunan laju pertumbuhan ekonomi nasional di kuartal ketiga tahun ini akibat dari penerapan PPKM Darurat di bulan Juli lalu. Akibatnya aktivitas sosial maupun ekonomi masyarakat berhenti total.

"Kenapa (pertumbuhan ekonomi) bisa turun dari kuartal kedua ke kuartal tiga?. Kita ingat, bulan Juli kita PPKM Darurat satu bulan penuh kita rem total. Ini karena peristiwa varian delta yang tidak kita sangka-sangka," bebernya dalam kegiatan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2021 di Jakarta, Rabu (24/11).

Meski sempat seret, Jokowi optimis realisasi pertumbuhan ekonomi di kuartal IV-2021 bakal lebih moncer dari kuartal ketiga yang lalu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembatasan Sosial

Hal ini sejalan dengan kian longgarnya penerapan kebijakan pembatasan sosial seiring melandainya kasus harian Covid-19 di Indonesia.

"Selain itu, kita lihat aktivitas ekonomi di urusan konsumsi, indeks keyakinan konsumen (IKK) sudah normal kembali seperti sebelum pandemi. Kemudian, retail and sales index juga mulai merangkak naik seiring dengan pelonggaran mobilitas dan kenaikan mobilitas. Angka-angka seperti yang penting kita baca untuk melihat prospek," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pertumbuhan ekonomi adalah suatu keadaan di mana ekonomi mulai tumbuh dan mengalami perkembangan.

    Pertumbuhan Ekonomi

  • Ekonomi adalah ilmu tentang asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan.

    ekonomi