Sukses

Intip Lagi Aksi Nyentrik Jokowi Mengaspal di Sirkuit Mandalika, Tampil Bak Pembalap

Presiden Jokowi telah menjajal langsung lintasan Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat, 12 November 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menjajal langsung lintasan Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat, 12 November 2021.

Kedatangannya kemarin sekaligus meresmikan Sirkuit Mandalika jelang perhelatan World Superbike pada 19 November, dilanjutkan MotoGP pada Maret 2022.

Aksi Jokowi menunggangi motor di Sirkuit Mandalika pun menuai banyak perhatian. Dalam kesempatan itu, RI 1 menaiki motor custom Chopper Racer Kawasaki W175 berwarna dominan hijau miliknya.

Berjaket hitam lengkap dengan helm warna senada, Presiden Jokowi mulai menjajal aspal mulus Sirkuit Mandalika yang memiliki panjang km. Presiden tidak sendiri, sejumlah menteri dan pejabat tampak juga menumpangi sepeda motor masing-masing.

Dari garis start/finish, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir tampak memegang bendera kotak-kotak hitam putih atau dikenal sebagai chequered flag seraya mengayunkannya seiring dengan melajunya motor Presiden Jokowi.

Seusai dilepas Erick Thohir, Jokowi segera melaju dan meninggalkan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Direktur Utama ITDC Abdulbar Mansoer, serta dua pembalap Asian Talent Cup (ATC) Fadillah Arbi Aditama dan Herjun Atna Firdaus.

Kendati begitu, selepas berkendara Jokowi mengaku, dirinya tidak berani untuk memacu sepeda motornya kencang-kencang saat menjajal lintasan sirkuit. Itu karena kondisi lintasan yang basah akibat diguyur hujan.

"Ini kan Sirkuit Mandalika ini kan sirkuit baru dan tadi kan juga baru saja hujan jadi saya enggak berani ngebut. Meskipun enggak ngebut, saya kira yang lain-lain jauh tertinggal," ujar Jokowi, seperti dikutip Sabtu (13/11/2021).

"Meski enggak ngebut, yang lain jauh tertinggal. Banyak tikungan sulit, tapi buat para pembalap itu tentu tidak masalah," sambungnya.

Sebab, lintasan Sirkuit Mandalika telah dibangun dengan menggunakan teknologi pengaspalan paling modern bernama stone mastic asphalt (SMA), yakni campuran aspal yang digunakan untuk melapisi permukaan atas aspal dengan tujuan memperkuat struktur lapisan permukaan dengan prinsip kontak stone by stone sehingga volume aspal yang dipergunakan pun menjadi kecil.

SMA memiliki daya penetrasi yang tinggi, sehingga pembalap tidak mudah terjatuh saat terjadi wet race atau jalan licin akibat air hujan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Tampil Nyentrik

Hal lain yang jadi sorotan, Jokowi tampil nyentrik di atas motornya saat berkendara di Sirkuit Mandalika. Outfit yang dikenakan sang Kepala Negara banyak mengundang perhatian.

Pada foto-foto yang beredar di media sosial, Jokowi tampak mengenakan helm dan jaket warna hitam, sarung tangan hitam, bak gaya khas anak motor.

Jika coba ditelusuri outfit yang dikenakan Jokowi, terlihat mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mengenakan helm merek RSV dengan tipe Half Face Rsv SV300 berwarna hitam. Dilihat pada situs e-commerce, harganya sekitar Rp 650 ribu.

Kemudian untuk jaket, Jokowi memilih menggunakan jaket motor Midnight produksi UMKM asal Bandung, Rabbit and Wheels seharga Rp 1.465.000.

Sedangkan sepatu, Jokowi memakai merek NAH Project tipe YAS FlexKnit 3.0-Carbon Black, sebuah brand sneakers lokal asal Bandung. Di situs e-commerce, sepatu itu dijual pada kisaran harga Rp 644.000.

Jika ditotal, outfit Jokowi saat memacu motornya melintasi Sirkuit Mandalika diperkirakan sekitar Rp 2.759.000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.