Sukses

Bikin Perusahaan Patungan, Archi-Ormat Gali Potensi Geothermal di Sulut

Geothermal merupakan mampu menjadi bahan baku pembangkit listrik energi terbarukan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Archi Indonesia Tbk (Archi) dan Ormat Technologies Inc melakukan penandatanganan perjanjian untuk membentuk Perusahaan Patungan (Joint Venture), PT Toka Tindung Geothermal (TTG).

Perusahaan Patungan ini dibentuk untuk mengeksplorasi potensi dari prospek energi geothermal di wilayah Bitung, Sulawesi Utara, terutamanya di area konsesi tambang emas Toka Tindung.

Hal ini juga sejalan dengan target Pemerintah untuk mengembangkan pembangkit listrik dari sumber energi terbarukan.

"Archi sangat bangga menjadi bagian dari proyek geothermal nasional, dimana ini sesuai dengan komitmen kami untukmendukung lingkungan yang berkelanjutan melalui sumber energi terbarukan," kata Direktur Utama Archi Ken Crichton dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (27/9/2021).

Komposisi kepemilikan dari TTG, berdasarkan penyelesaian beberapa persyaratan yang tertuang di Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBTL), adalah 75 persen kepemilikan oleh Ormat, dan sisanya 25 persen kepemilikan oleh Archi.

TTG memiliki tujuan untuk mengembangkan proyek pembangkit listrik geothermal di area konsesi tambang Toka Tindung secara eksklusif.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Eksplorasi Klabat Wineru

Ormat akan melaksanakan program pengeboran eksplorasi Klabat Wineru di provinsi Sulawesi Utara, dan termasuk pengembangan program pengeboran rancangan, rekayasa, pengadaan, pembiayaan, konstruksi, pengujian, komisioning, kepemilikan, pengelolaan, pengoperasian dan pemeliharaan Fasilitas Geothermal

“Ormat berkomitmen untuk mengeksplorasi danmengembangkan sumber daya geothermal di seluruh dunia, dan aktivitas kami di Indonesia, yang merupakanpasar yang menarik dengan sumber daya yang signifikan dan dukungan pemerintah yang kuat, akan membantu kami untuk mencapai rencana pertumbuhan kami," ungkap Chief Executive Officer Ormat Doron Blachar.

"Perjanjian kerja sama dengan Archi, yang merupakankemitraan ketiga kami di Indonesia, mampu mempercepat upaya serta menambah kepercayaan kami untukmengembangkan pertumbuhan kami di Indonesia serta memberikan energi bersih yang terbarukan kepadamasyarakat Indonesia," tutup dia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.