Sukses

Harga Emas Naik Tipis Menanti Pertemuan Bank Sentral AS

Liputan6.com, Jakarta Harga emas mendapatkan kepercayaan kembali pada hari Jumat setelah penurunan hampir 3 persen di sesi terakhir. Tetapi dolar yang kuat menjaga harga emas tetap di jalur untuk penurunan mingguan dengan fokus masih pada pertemuan Federal Reserve AS yang akan datang.

DIkutip dari CNBC, Sabtu (18/9/2021), harga emas di pasar spot naik 0,7 persen menjadi USD 1.765,73 per ounce pada 0925 GMT. Sementara harga emas berjangka AS naik 0,6 persen menjadi USD 1.766,30.

Bullion tergelincir hampir 3 persen pada hari Kamis setelah peningkatan tak terduga dalam penjualan ritel AS meningkatkan ekspektasi bahwa Fed dapat mengurangi stimulusnya lebih cepat, yang juga mendorong reli dolar AS.

Dolar bertahan mendekati puncak hampir tiga minggu pada hari Jumat, meningkatkan biaya emas untuk pembeli yang memegang mata uang lainnya, dan menempatkan emas di jalur penurunan 1,2 persen minggu ini.

“Semua orang menonton The Fed seperti elang. Akan sangat menggoda setelah penurunan USD 40 (untuk mencari titik masuk) meskipun fakta bahwa perdebatan tentang pengurangan masih berlangsung,” kata analis StoneX Rhona O'Connell.

"Investor akan memeriksa konferensi pers Jay Powell untuk proyeksi ekonomi," kata O'Connell, menambahkan bahwa pergeseran yang benar-benar hawkish dari Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) tidak akan menghentikan kemungkinan reaksi penurunan spontan lainnya pada emas bahkan jika sudah di hargai.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertemuan FOMC

Pertemuan FOMC dijadwalkan pada 21-22 September.

Tetapi pemantulan emas sebagian didorong oleh short-covering "terlihat anemia dan emas menghadapi ujian lain USD 1750 karena dolar tetap kuat," kata Jeffrey Halley, analis pasar senior untuk Asia Pasifik di OANDA.

Melepaskan langkah-langkah dukungan ekonomi tidak hanya meredupkan status emas sebagai tempat berlindung yang aman tetapi setiap kenaikan suku bunga selanjutnya akan diterjemahkan ke biaya peluang yang lebih tinggi untuk memegang aset yang tidak menghasilkan seperti emas batangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.