Sukses

Sebelum Mulai Investasi, Pelajari Dulu 4 Kunci Ini

Liputan6.com, Jakarta Tren berinvestasi belakangan ini kian meningkat dibanding beberapa tahun sebelumnya. Mungkin juga beberapa dari Anda sudah mulai mencari informasi mengenai investasi.

Namun, yang perlu diketahui adalah berinvestasi di pasar keuangan adalah hal yang kompleks. Tidak dapat diprediksi, dan terkadang ada beberapa situasi yang tidak bisa selalu sesuai ekspektasi Anda.

Ditambah, ada banyak istilah asing atau istilah yang tidak menggunakan bahasa sehari-hari. Tak jarang hal tersebut menjadi hambatan bagi orang untuk mulai berinvestasi.

Adapun dengan beragamnya jenis investasi yang tersedia di pasar uang, perlu disesuaikan dengan penghasilan dan pendapatan Anda sendiri.

Oleh karena itu, melansir dari laman Forbes, Sabtu (!1/9/2021), ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan untuk membantu Anda mempermudah mengenal investasi agar tidak terjadi kesalahan sehingga bisa menghasilkan uang lebih cepat:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Mandiri secara Finansial

Setelah memiliki pekerjaan tetap dan sudah mandiri secara finansial, menyimpan uang adalah langkah pertama untuk berinvestasi dan menghasilkan lebih banyak uang. Namun, untuk memutuskan diri menabung, pastikan kembali bahwa pendapatan yang diterima setiap memiliki jumlah yang sama.

Bagi wirausaha tampaknya adalah hal yang sulit dilakukan. Lebih buruknya, menjadi seorang pebisnis terkadang ada di situasi kekacauan finansial.

Kedua, mereka sedang dalam bahaya karena berjuang untuk bertahan hidup. Perlu digarisbawahi bahwa dua hal tersebut adalah asumsi sebagian orang.

Oleh karena itu, yang perlu dilakukan adalah mendapatkan penghasilan yang cukup untuk menutupi setiap pengeluaran yang Anda. Untuk mempermudah pemahamannya, secara sederhana dapatkan lebih banyak dan belanjakan dengan lebih sedikit.

Menurut salah satu pengusaha asal Kanada, milikilah bisnis sampingan yang tidak membuat Anda terbatas pada satu pekerjaan. Buatlah tempat di mana anda bekerja dapat menabung untuk setiap bulannya. 

2. Menetapkan Jumlah Tabungan Bulanan

Untuk yang memiliki pendapatan cukup tinggi dalam sebulan, cobalah untuk menabung 30 persen dari upah per bulannya. Tabungan yang banyak diperlukan untuk berinvestasi agar dapat menghasilkan uang. 

Dengan menabung rata-rata hanya 10 persen dari upah per bulan, akan tidak cukup bila ingin melakukan investasi. Perhitungan yang bisa dilakukan adalah seperi berikut.

Bila Anda mampu menabung 50 persen dari penghasilan yang diterima, bukan berarti hanya hidup dari setengah penghasilan yang ada, melainkan mencari pekerjaan sampingan agar kebutuhan pokok Anda selama sebulan tetap tercukupi.

Mengatur finansial memang membutuhkan waktu yang cukup lama karena hal tersebut merupakan sebuah gaya hidup. 

 

 

3 dari 4 halaman

3. Memotong Pengeluaran

Hindari pembelian impulsif jangka pendek. Alih-alih menyarankan lebih baik peluang tersebut dialokasikan untuk menabung dibandingkan membeli barang-barang yang tidak diperlukan.

Cara terbaik untuk menabung tanpa ada rasa dibatasi akibat minimnya pengeluaran yang haru dikeluarkan antara lain sebagai berikut.

  1. Tetapkan anggaran dan patuhi target tersebut setiap bulannya.
  2. Tunda pembelian dan gunakan waktu tersebut untuk berpikir apakah Anda akan benar-benar membelinya.
  3. Hindari godaan dari pembelian barang di e-commerce atau pusat perbelanjaan.
  4. Hindari pengeluaran impulsif

4. Berlatih Sebelum Mulai Investasi

Pelatihan menjadi salah satu hal yang penting, tetapi masih belum diketahui oleh banyak orang. Real estate dan bisnis daring juga sama, memerlukan pelatihan-pelatihan tertentu terlebih dahulu sebelum terjun ke sana.

Kesalahan yang sering dilakukan kebanyakan pemula adalah menghabiskan waktu dan uang untuk hal-hal yang tidak memiliki nilai jangka panjang. Saran pada poin ini bukan untuk menjadi seorang spesialis dalam hal berinvestasi, melainkan memahami apa investasi terbaik dan cocok untuk Anda dan kenali dasar-dasar dari investasi.

 

 

4 dari 4 halaman

Upaya Mendapat Pelatihan

Sebelum memilih, kenali terlebih dahulu sektor investasi seperti apa yang diminati. Upaya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pelatihan seputar investasi antara lain sebagai berikut.

  1. Membeli buku seputar investasi.
  2. Mengikuti kursus daring dari seorang profesional.
  3. Menghadiri seminar dengan topik yang sesuai dengan investasi yang diminati.

Berinvestasi membutuhkan pengendalian diri dan sikap untuk berani mengambil resiko. Bila tidak ada keberanian dalam diri Anda, akan sulit untuk menjalankan investasi.

Dunia pasar uang adalah dunia yang kompetitif, tidak ada yang bisa didapatkan tanpa berusaha keras. Artinya, segala sesuatu butuh proses pembelajaran.

Reporter: Caroline Saskia