Sukses

Momen Bersejarah, Jokowi Resmikan 2 Ruas Terakhir Tol Balikpapan-Samarinda

Presiden Jokowi meresmikan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) Seksi 1 Balikpapan (Km 13)-Samboja sepanjang 22,03 km dan Seksi 5 Sepinggan-Balikpapan (Km 13) sepanjang 11,09 km.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) Seksi 1 Balikpapan (Km 13)-Samboja sepanjang 22,03 km dan Seksi 5 Sepinggan-Balikpapan (Km 13) sepanjang 11,09 km.

Prosesi peresmian dua ruas tol tersebut digelar secara virtual, dan berlokasi di Gerbang Tol (GT) Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (24/8/2021).

"Sore hari ini Alhamdulillah telah selesai seluruh ruas Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 97,3 km. Telah tuntas diselesaikan, telah tuntas dikerjakan," kata Jokowi dalam siaran video Sekretariat Presiden.

Jokowi juga menyebutkan, peresmian ini jadi momen bersejarah, karena Tol Balikpapan-Samarinda merupakan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan.

"Ini capaian yang patut kita syukuri, karena kita ingin pembangunan infrastruktur itu tidak hanya terpusat di Pulau Jawa saja, atau di Pulau Sumatera, tapi juga merambah ke pulau-pulau yang lain," ungkapnya.

Diharapkan Jokowi, kehadiran Tol Balikpapan-Samarinda akan menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru dan juga memperbaiki jaringan logistik jadi lebih baik, efisien, dan cepat.

"Sehingga akan memperbaiki jaringan logistik kita, akan memperbaiki daya saing kita, utamanya komoditas-komositas yang diproduksi di Provinsi Kalimantan Timur. Sehingga akses semakin lancar dan bisa menurunkan biaya logistik," tuturnya.

"Dan tentu saja produk-produk ekspor dari Provinsi ini akan memiliki daya saing tinggi, sehingga menjadikan ekonomi di Provinsi Kalimantan Timur semakin efisien dan kompetitif," tegas Jokowi.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terbagi 5 Seksi

Sebagai informasi, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda memiliki total panjang 97,99 km, terbagi menjadi lima seksi, yaitu Seksi 5 ruas Balikpapan (Km 13)-Sepinggan (11,09 km), Seksi 1 ruas Balikpapan (Km 13)-Samboja (22,03 km), Seksi 2 ruas Samboja-Muara Jawa (30,98 km), Seksi III Muara Jawa-Palaran 17,30 km) dan Seksi IV Palaran-Samarinda (16,59 km).

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda memiliki total 4 gerbang tol yakni GT Manggar, GT Karang Joang, GT Samboja dan GT Palaran. Selain itu, jalan tol ini juga dilengkapi dengan 2 rest area tipe A (ke depannya akan dilengkapi dengan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) yang telah selesai dibangun di Km 37 arah Balikpapan dan Km 36 arah Samarinda dan dikelola anak usaha Jasa Marga, PT Jasamarga Related Business.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.