Sukses

Mau Hasilkan Uang Selama Pandemi? Ini 6 Pekerjaan Online yang Patut Dicoba

Tidak dapat dimungkiri, internet memberikan banyak peluang kerja baru. Lalu, pekerjaan ini juga dapat dilakukan oleh pemula.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi COVID-19 membuat jutaan orang mengalami penurunan pendapatan. Namun, jangan khawatir karena Anda dapat mencoba beberapa pekerjaan yang dilakukan secara online untuk menghasilkan uang tambahan.  

Tidak dapat dimungkiri, internet memberikan banyak peluang kerja baru. Lalu, pekerjaan ini juga dapat dilakukan oleh pemula.  

Melansir dari INQUIRER.NET, Minggu (15/8/2021), berikut adalah rekomendasi enam pekerjaan online yang dapat Anda jalankan.

1. Penulis Online

Anda dapat memperoleh pendapatan sebesar USD 63.200 (Rp 909 juta) dari menulis artikel. Sebagian besar tulisan akan muncul di situs web atau dalam bentuk cetak seperti surat kabar.  

Penulis online dapat dimulai dengan menjadi karyawan untuk sebuah perusahaan. Namun, Anda harus memenuhi standar yang ketat untuk mendapatkan sebuah peran di perusahaan.  

Akan lebih baik apabila Anda memiliki bakat untuk menulis. Jika ingin mendapatkan peran dalam perusahaan, Anda mungkin membutuhkan gelar sarjana yang berkaitan dengan penulisan.  

Selain itu, penulis juga dapat menjadi pekerja lepas (freelance). Mereka bisa mendapatkan pekerjaan dari platform online. Anda dapat menegosiasikan tugas sesuai dengan website yang dipilih.  

Awalnya, mungkin Anda akan mendapatkan bayaran yang rendah. Meskipun demikian, Anda akan memiliki pengalaman yang cukup untuk menerima pekerjaan yang memberikan bayaran lebih tinggi.

2. Blogger

Anda dapat memperoleh pendapatan sebesar USD 38.440 (Rp 552,9 juta) dari menulis blog. Lalu, apa perbedaan blogger dengan penulis online?  

Seorang blogger akan menulis mendasarkan konten yang diinginkan pembaca. Sementara itu, penulis online memiliki pendekatan yang lebih objektif. Pasalnya, lebih mudah untuk menjadi blogger karena banyak website yang dapat membantu Anda.  

Mulailah dengan membeli website yang memiliki harga terjangkau. Anda dapat membayar layanan host web seperti Hostinger. Kemudian, perluas jangkauan konten secara gratis melalui media sosial. 

Ketika mendapatkan lebih banyak pembaca, Anda dapat meminta mereka untuk mempromosikan konten blog tersebut. Selain itu, Anda juga dapat membayar layanan promosi dari pekerja lepas lainnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Agent Call Center

Pendapatan rata-rata untuk seorang agent sebesar USD 30 ribu (Rp 431,5 juta) hingga USD 40 ribu (Rp 575,3 juta) per tahun. Anda akan menangani panggilan pelanggan untuk sebuah perusahaan.  

Hal ini dapat berupa panggilan masuk terkait permintaan dan keluhan pelanggan. Anda juga dapat melakukan panggilan keluar sebagai pengingat dan menawarkan promo kepada pelanggan.  

Anda mungkin diminta untuk menangani kedua jenis panggilan tersebut, tergantung pada ketentuan perusahaan. Selanjutnya, Anda dapat menangani tugas lain seperti chat secara online dan mengirim e-mail.  

Seorang agent call center harus siap bekerja pada waktu-waktu khusus untuk memenuhi permintaan pelanggan. Anda mungkin harus bekerja lembur.

4. Virtual Assistant (VA)

Pekerjaan ini dapat memperoleh pendapatan sebesar USD 36.029 (Rp 518,2 juta) per tahun. Sementara itu, VA jarak jauh dapat memperoleh pendapatan sebesar USD 67.115 (Rp 965,4 juta) per tahun.

Beberapa contoh pekerjaan sebagai VA, yaitu meneliti pesaing dan pelanggan, menemukan produk dan layanan baru, menangani penjualan, mengatur jadwal eksekutif, memesan akomodasi perjalanan, dan lain sebagainya.  

Bekerja sebagai VA berarti melakukan kombinasi tugas-tugas tersebut. Jika Anda sebelumnya memiliki pengalaman di kantor, hal tersebut dapat berfungsi dengan peran Anda saat bekerja di rumah.

3 dari 3 halaman

5. Tutor atau Guru Online

Banyak negara yang masih melakukan lockdown saat ini. Hal ini membuat jutaan anak tidak dapat bersekolah. Akibatnya, pembelajaran online menjadi cara populer untuk melanjutkan pendidikan.  

Guru online memperoleh pendapatan sebesar USD 30 ribu (Rp 431,5 juta) hingga USD 40 ribu (Rp 575,3 juta) per tahun. Pendapatan tersebut tergantung pada sekolah dan materi pelajaran yang diberikan.  

Anda membutuhkan gelar dalam pendidikan sebagai guru online. Jika tidak memiliki gelar, Anda setidaknya harus menunjukkan kemampuan dalam mata pelajaran yang diajarkan.  

Berbeda dengan guru. Tutor cenderung menghasilkan pendapatan yang lebih sedikit karena hanya bekerja paruh waktu untuk membantu anak dengan pelajaran sekolah.

6. Affiliate Marketing

Pekerjaan ini adalah cara lain untuk mendapatkan uang saat Anda juga sedang melakukan pekerjaan lainnya. Anda dapat memperoleh pendapatan sebesar USD 1 ribu (Rp 14,3 juta) hingga USD 10 ribu (143,8 juta).  

Anda harus mempromosikan produk dan layanan sebuah perusahaan. Saat pelanggan melakukan tindakan tertentu, Anda akan menghasilkan uang. Berikut bagaimana cara Anda mendapatkan bayaran.

- Bayaran per penjualan: Anda mendapatkan sebagian dari harga jual produk setelah seseorang membelinya. Hal ini berarti Anda perlu menarik investor dalam penawaran perusahaan.

- Bayaran per peluang: Peluang adalah tindakan pelanggan yang dilakukan pada tingkatan tertentu dalam penjualan. Apabila perusahaan ingin mendapatkan peluang untuk meningkatkan minat pelanggan, Anda harus meyakinkan mereka untuk mengisi formulir produk dan layanan.

- Bayaran per klik: Beberapa bisnis membutuhkan lebih banyak pengetahuan dari pelanggan tentang perusahaan. Dengan kata lain, mereka membutuhkan lebih banyak pelanggan untuk mempelajari penawaran perusahaan. Tugas Anda adalah menghasilkan kunjungan yang tinggi pada laman web perusahaan.

 

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini