Sukses

Yuk Mulai Berhemat, Terapkan Dulu 8 Trik Mudahnya

Liputan6.com, Jakarta - Anda pasti pernah mendengar atau menemukan seseorang yang kaya raya mendadak usai memenangkan lotere atau warisan. Sayangnya, tak lama kemudian, Anda juga mengetahui jika orang tersebut kembali jatuh miskin.

Berkaca dari hal ini, tentu tidak ada seorang pun yang ingin hal tersebut terjadi pada dirinya. Trik menjadi kaya bukan hanya menjadi kaya tetapi tentang  bagaimana mempertahankan kekayaan tersebut.

Ternyata itu adalah sesuatu yang tidak semua orang mampu lakukan. Hal yang Anda butuhkan hanyalah melakukan beberapa ide berhemat. Apa saja idenya?. Simak penjelasannya, seperti melansir laman magforwoman, Jumat (25/6/2021).

1. Jangan buru-buru membeli apapun

Suatu saat Anda mungkin terbangun di suatu pagi yang cerah dari mimpi tentang keinginan besar membeli mobil mewah. Bila ini yang Anda rasakan jangan buru-buru pergi ke dealer.

Selalu tunggu setidaknya dua minggu sebelum melakukan pembelian dan pikirkan apakah Anda benar-benar membutuhkannya atau tidak.

Selain itu, ini juga akan memungkinkan untuk membuat keputusan yang tepat tentang merek produk yang Anda beli dengan tepat.

2. Patuh pada daftar belanja

Membeli barang secara impulsif harus dihindari. Pegang erat-erat daftar belanja dan jangan membuat penyimpangan yang tidak diinginkan darinya.

Menyingkir dari lorong barang yang tidak ada pada daftar. Bertekad untuk melewati dan melihat-lihat saja akan besar kemungkinana Anda menginginkan sesuatu yang tidak dibutuhkan.

 

2 dari 4 halaman

3. Adakan kumpul-kumpul di rumah

Anda dapat bersenang-senang di rumah bersama teman-teman dengan biaya yang jauh lebih murah daripada pergi ke restoran mewah. Hindari makan di luar yang tidak perlu dan seringlah untuk merayakan di rumah.

4. Menggunakan transportasi umum

Angkutan umum tidak hanya lebih murah tetapi terkadang juga membawa Anda lebih cepat sampai ke tujuan. Selain itu, Anda juga akan menyelamatkan bumi ini untuk generasi mendatang dengan menghemat bahan bakar.

5. Hindari kemewahan

Lakukan pekerjaan Anda sendiri alih-alih meminta orang lain melakukannya. Buatlah secangkir kopi sendiri daripada menuju ke coffee shop. Dengan berhemat sedikit lama-kelamaan uang penghematan tersebut akan menjadi banyak dan Anda akan menemukan keajaiban di tabungan Anda.

 

3 dari 4 halaman

6. Beli dalam jumlah besar

Jika memungkinkan, lebih baik membeli dalam jumlah besar. Anda tidak dapat membayangkan berapa banyak yang dapat dihemat dengan cara ini.

Barang yang tidak mudah rusak dapat dibeli dengan harga grosir dan disimpan dengan aman di ruang penyimpanan untuk digunakan di masa mendatang.

7. Bayar tagihan tepat waktu

Berapa kali Anda harus membayar biaya keterlambatan ketika lupa membayar tagihan listrik atau terlalu sibuk untuk membayar tagihan telepon? Pengeluaran yang tidak perlu ini dapat dihindari dengan aman dengan sedikit lebih berhati-hati.

8. Jangan Terbuai Barang Bermerek

Kebanyakan tas biasanya memiliki bahan yang hampir sama bagusnya. Begitu juga dengan pakaian dan lainnya.

Jangan terobsesi dengan merek atau brand mahal. Beli barang-barang bermerek hanya jika Anda yakin bahwa barang-barang itu lebih unggul dan memiliki kegunaan lebih dari barang-barang lainnya. 

Merek lokal saat ini sudah sangat berkembang dan harganya pasti mudah untuk dijangkau. Dengan kualitas yang sama bagusnya dengan merek internasional, menggunakan merek lokal kenapa tidak?

Lupakan gengsi, dan hematlah untuk tabungan masa depan yang cerah.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Ini