Sukses

Selamat! Menteri BUMN Erick Thohir Dapat Gelar Adat dari Masyarakat Lampung

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir menerima gelar adat dari Masyarakat Lampung. Dia menerima gelar penyematan adat marga Dantaran dalam prosesi Seangkonan Muakhi di Lampung, Sabtu, 19 Juni 2021.

Dia terlihat membagikan momen saat menghadiri prosesi adat  tersebut, dalam video unggahan yang diposting pada akun instagram @erickthohir, Minggu (20/6/2021).

Erick Thohir mengaku terharu bisa hadir di tengah-tengah petinggi adat marga Dantaran dalam prosesi Seangkonan Muakhi yang sangat sakral.

Mantan Bos Inter Milan ini juga merasa terhormat mendapatkan gelar kerabat dari salah satu masyarakat adat di Lampung tersebut.

"Saya juga berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pangeran Naga Bringsang V dan para petinggi adat marga Dantaran, atas pengangkatan saya menjadi kerabat dalam adat Marga Dantaran," ujar Erick dalam video unggahannya.

Menurut Erick, Lampung selama ini dikenal sebagai bagian wilayah transmigrasi. Dengan gelar yang disematkan kepadanya, Erick ingin mengajak seluruh pihak termasuk Pemda Lampung untuk mengubah Lampung menjadi kota tujuan wisata.

"Jadi izinkan saya bersama pemerintah daerah dan dukungan semua yang hadir, Lampng ini kita rubah bukan tujuan transmigrasi tapi tujuan pariwisata," tuturnya.

Dia juga menegaskan akan menjaga amanah gelar yang dia terima dengan sebaik-baiknya.

"Insya Allah, Amanah ini saya akan jaga dengan baik. Dan semoga tujuan kita bersama untuk menjadikan Lampung sebagai tujuan pariwisata unggulan, bisa tercapai," ujarnya.

 

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Erick Thohir (@erickthohir)

2 dari 3 halaman

Diberi Gelar Adat Lampung, Erick Thohir Diangkat Jadi Adik Zulkifli Hasan

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir diberi gelar adat kehormatan oleh masyarakat adat Lampung marga Dantadan, Sabtu (19/6/2021).

Dengan diberikannya gelar ini, Erick Thohir diangkat sebagai kerabat keluarga besar marga Dantaran.

Selain itu. Erick Thohir juga dinobatkan sebagai raden bangsawan dan adik langsung Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan secara adat. Dalam adat marga Dantaran Lampung Selatan, Zulhas sendiri memiliki gelar Batin Eka Perkasa yang merupakan penghormatan untuk bangsawan atau raja.

Zulhas menyampaikan bahwa pemberian gelar adat ini bukan hanya seremoni belaka. Menurut dia, pemberian gelar ini sekaligus untuk mengajak para pemimpin negeri menjaga kelestarian adat dan Budaya.

"Ini amanat konstitusi. Amanat undang-undang. Adat dan budaya bangsa harus kita lestarikan berasama, karena ini bagian dari nilai-nilai luhur bangsa kita," kata Zulhas dikutip dari siaran persnya, Sabtu (19/6/2021).

Sementara itu, Erick Thohir mengaku sangat bersyukur dan bahagia menerima gelar adat dari marga Dantaran, Lampung Selatan. Dia menyebut adat dan budaya harus menjadi visi semua masyatakat.

"Jelas ini sebuah kehormatan, Raden Bangsawan, apalagi menjadi adik langsung dari Pak Zul dengan gelar Batin Eka Perkasa. Memang adat dan budaya ini harus menjadi visi kita semua," jelasnya.

"Visi untuk mengerjakan pembangunan. Kita tidak ingin Indonesia maju, tetapi meninggalkan adat dan budaya. Tidak mau revolusi industri 4.0 terus dikejar, tetapi anak-anak muda kita lupa pada budaya bangsanya," sambung Erick.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini