Sukses

Top 3: Jadwal Ganti Kartu ATM Gesek ke Chip hingga Batik Air Tabrak Garbarata

Liputan6.com, Jakarta Kabar terbaru bagi masyarakat terkait transaksi perbankan. Sejumlah bank di Indonesia akan segera memblokir penggunaan kartu ATM gesek atau magnetic stripe dan menggantinya dengan chip.

Batas waktu penggantian kartu ATM model gesek ke model chip ini ialah per 31 Desember 2021. Beberapa bank sudah memiliki jadwal blokirnya, ada yang lebih cepat dan ada yang masih awal tahun depan.

Artikel batas waktu penggantian kartu ATM ini menuai perhatian pembaca Liputan66.com di kanal bisnis. Simak rangkuman 3 berita paling dicari, Senin (24/5/2021):

1. Jangan Terlewat, Ini Jadwal Ganti Kartu ATM Gesek ke Chip di Bank BUMN hingga BCA

Sejumlah bank di Indonesia akan segera memblokir penggunaan kartu ATM gesek atau magnetic stripe.

Hal ini sesuai arahan Bank Indonesia dalam Surat Edaran BI Nomor 17/52/DKSP tanggal 30 Desember 2015 tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number pada Kartu ATM dan / atau Kartu Debit yang diterbitkan di Indonesia.

Disebutkan, batas waktu penggantian kartu ATM model gesek ke model chip ini ialah per 31 Desember 2021. Beberapa bank sudah memiliki jadwal blokirnya, ada yang lebih cepat dan ada yang masih awal tahun depan.

Berita Selengkapnya

 

2 dari 4 halaman

2. Kronologi Pesawat Batik Air Tabrak Garbarata di Bandara Ngurah Rai versi Manajemen

Pesawat Batik Air diketahui mengalami insiden di Bandara Ngurah Rai, Bali. Pesawat Batik Air menabrak garbarata sesaat usai mendarat di Bandara Ngurah Rai dari Bandara Soekarno Hatta.

Manajeman Batik Air buka suara soal insiden tabrakan dan penanganan pesawat Airbus 320-200 Registrasi PK-LUV di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, pada Sabtu 22 Mei 2021.

Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala menuturkan jika Batik Air mengoperasikan pesawat tersebut untuk melayani penerbangan ID-6506 dari Jakarta melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang (CGK), tujuan Denpasar – Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS).

Berita Selengkapnya

3 dari 4 halaman

3. Cair Bulan Juni, Ternyata Ini Asal Muasal Sejarah Gaji Ke-13 PNS

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memastikan, gaji ke-13 PNS atau Pegawai Negeri Sipil, PPPK hingga anggota TNI/Polri akan cair bulan Juni 2021. Ketentuan pencairan gaji ke-13 ini termaktub dalam 2 regulasi.

Kedua aturan yaitu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 63 Tahun 2021 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas Kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2021 dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 42/PMK.05/2021.

Pemberian gaji ke-13 PNS ini ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang. Mengutip pemberitaan Liputan6.com pada 20 Juli 2020, Minggu (23/5/2021), ternyata gaji ke-13 PNS sudah ada pada tahun 2004 pada zaman pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri.

Berita Selengkapnya

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Ini