Sukses

Ada Vaksinasi Gotong Royong, Jokowi Yakin Ekonomi Indonesia Tembus 7 Persen

Jokowi mengapresiasi upaya Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia serta para pengusaha dalam mewujudkan pelaksanaan vaksinasi gotong royong.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis target pertumbuhan ekonomi di kuartal II 2021 sebesar 7 persen dapat tercapai dengan adanya program vaksinasi gotong royong.

Menurutnya, saat ini kondisi dunia usaha sudah mulai membaik dan dapat melakukan mobilitas dengan normal.

"Kita tahu, di kuartal I 2021, pertumbuhan ekonomi kita masih minus 0,74 persen dan kita semua berharap dengan kerja keras kita semua, di kuartal II, sesuai target yaitu kurang lebih 7 persen bisa kita capai," ujar Jokowi dalam keterangannya saat meninjau pelaksanaan vaksinasi gotong royong di PT Unilever, Jababeka, Selasa (18/5/2021).

Jokowi melanjutkan, proses mendapatkan vaksin untuk masyarakat Indonesia tidak mudah Meski ditargetkan mendapat 30 juta dosis, namun hingga hari ini, menurut penuturannya, vaksin untuk program vaksinasi gotong royong baru tersedia 420 ribu dosis.

Oleh karenanya, Jokowi akan segera memerintahkan jajarannya agar bisa mendapatkan suplai vaksin lebih banyak ke depannya.

"Sehingga proses ini bisa mempercepat target vaksinasi yang ingin kita lakukan, yaitu terhadap 181,5 juta penduduk yang ingin kita vaksin," katanya.

Dirinya mengapresiasi upaya Kamar Dagang dan Industri (Kadin) serta para pengusaha dalam mewujudkan pelaksanaan vaksinasi gotong royong ini.

"Kita harapkan vaksinasi gotong royong ini segera bangun herd immunity, kekebalan komunal dan penyebaran Covid-19 bisa dihambat dan dihilangkan," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kadin: 22.736 Perusahaan Telah Mendaftar Vaksinasi Gotong Royong

Sebelumnya, vaksinasi Covid-19 dengan mekanisme gotong royong perdana mulai digelar, Selasa (18/5/2021). Setidaknya, ada sekitar 22.736 perusahaan yang telah ikut mendaftar ke Kamar Dagang dan Industri (Kadin) untuk mengikuti program vaksinasi gotong royong.

Hal ini disampaikan Ketua Kadin Roslan Roeslani di PT Unilever Indonesia, Kawasan Industri Jababeka, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Adapun PT Uniliver Indonesia menjadi salah satu perusahaan peserta program Vaksinasi Gotong Royong untuk pekerja yang digelar perdana.

"Alhamdulillah ini mendapatkan respons yang positif tidak hanya dari para menteri pemerintah, juga dari dunia usaha. Itu terbukti dari begitu banyaknya perusahaan sekarang ada kurang lebih 22.736 perusahaan yang terdaftar dan lebih dari 10 juta orang," jelas Ketua Kadin Rosan Roeslani seperti yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden.

Vaksinasi gotong royong adalah inisiatif dari kalangan pengusaha untuk membantu pemerintah mempercepat herd immunity atau kekebalan komunal. Vaksinasi gotong royong ini diberikan secara gratis dari pengusaha kepada para pekerja dan buruh.

Rosan Roeslani berharap, vaksinasi gotong royong dapat berjalan sukses dan lancar. Pasalnya, kata dia, vaksin merupakan salah satu faktor dominan yang akan memberikan dampak positif untuk sektor kesehatan dan pemulihan perekonomian nasional.

"Jadi dampaknya sangat besar dan dunia usaha dalam hal ini Kadin dan seluruh asosiasi melihat kita bersama-sama dengan pemerintah," ucap Rosan.

3 dari 3 halaman

Gunakan vaksin Covid-19 Sinopharm dan CanSino

Rosan meyakini, ke depannya akan lebih banyak lagi perusahaan yang akan mendaftar program vaksinasi gotong royong. Bahkan, beberapa perusahaan juga ingin memberikan vaksin gratis kepada masyarakat di sekitar.

"Mereka sudah bilang, kalau boleh tidak hanya pegawainya saja, tidak hanya keluarganya saja, tetapi juga misalnya masyarakat sekitar operasional mereka untuk mendapatkan vaksinasi yang mereka berikan secara gratis. Jadi animonya sangat-sangat luar biasa," kata Rosan.

Sebagai informasi, vaksinasi gotong royong akan menggunakan jenis vaksin Sinopharm dan CanSino. Untuk tahap awal ini, vaksinasi gotong royong hanya menggunakan vaksin Sinopharm.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.