Sukses

Viral Bocah 12 Tahun Jadi Sopir Truk Trailer, Pengusaha: Bosnya Gila

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu, media sosial dibuat heboh dengan tingkah anak laki-laki menjadi sopir truk trailer. Aksinya mengundang perhatian pengendara lain dan mengabadikan dengan kamera ponsel.

Dalam rekaman video berdurasi 15 detik, terlihat anak lelaki yang diketahui berusia 12 tahun dengan santainya memegang kendali truk trailer sambil menghisap sebatang rokok.

Sekretaris Jenderal Indonesian Multimodal Transport Association (IMTA) sekaligus Direktur Utama PT Kyatma Djaja Logistic Kyatmaja Lookman mengatakan, ada 2 kemungkinan fenomena tersebut dapat terjadi.

"Pertama, pengusahanya gila, stress, truknya nggak jalan, dikasih ke anak 12 tahun, dipikir bisa bawa. Kedua, supirnya yang bawa ngasih ke anaknya yang biasa mendampingi dia kemana-mana," ujar Kyatmaja kepada Liputan6.com, Jumat (30/4/2021).

Lanjutnya, kemungkinan, memang anak tersebut mendapat arahan dari bosnya untuk mengemudi truk karena dari video yang diunggah, bocah tersebut pergi ke Tasikmalaya sendirian. Dalam beberapa kasus, Kyatmaja juga pernah menemukan beberapa anak di bawah umur mengendarai truk trailer.

"Waktu itu ada umur 14 tahun juga beberapa kali pernah saya dengar. Ini 12 tahun, rekor paling muda," ujarnya.

Tentu saja, anak yang usianya kemungkinan masih setara murid SD tersebut tidak punya SIM dalam menjalankan truknya. Menurut Kyatmaja, seseorang harus berusia minimal 21 tahun untuk dapat mengemudikan truk trailer.

"17 tahun aja nggak boleh mengemudikan trailer, baru dapat sim A. Setahun kemudian B1, setahun kemudian B1 umum, setahun kemudian B2 umum. Setidaknya 3 tahun, minimal 21 tahun baru bisa bawa trailer," ujarnya.

Adapun, anak yang viral menjadi sopir truk tersebut telah diamankan oleh Kepolisian. Rencananya, Ditlantas Polri akan mengekspos secara detail kasus ini.

2 dari 3 halaman

Polisi Amankan Anak yang Viral di Medsos Lantaran Menyetir Truk Tronton

Ditlantas Polda Metro Jaya telah mengamankan anak laki-laki yang sempat viral di media sosial lantaran dirinya menyetir truk tronton. 

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyampaikan anak yang viral tersebut telah diamankan.

"Sudah diamankan," kata Sambodo saat dikonfirmasi, Jumat (30/4/2021).

Namun, Sambodo belum menjelaskan secara gamblang terkait hal tersebut. Rencanya hari ini akan dirilis di Ditlantas Polda Metro Jaya.

"Rencana kita ekspose hari ini," ujar dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: