Sukses

PLN Pasok 2,3 Juta VA Setrum ke 7 Tambak Udang di Bangka Belitung

Penyambungan listrik di tambak udang menggambarkan adanya geliat ekonomi yang terus tumbuh dari hari ke hari di Bangka Belitung.

Liputan6.com, Jakarta PT PLN mengalirkan listrik ke 7 tambak udang di pulau Bangka dengan total daya 2,3 juta volt ampere (VA). Hadirnya listrik PLN diharapkan dapat meningkatkan hasil panen tambak udang guna memenuhi kebutuhan pasar ekspor.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung Amris Adnan menyampaikan, layanan listrik bagi tambak udang merupakan wujud komitmen PLN untuk mendorong industri tambak melalui program Electrifying Agriculture.

“Kami ingin hadirnya listrik dapat mendorong produktivitas yang tentu akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutur Amris dalam keterangannya, Minggu (18/4/2021).

Adapun, tujuh tambak udang tersebut antara lain PT Budidaya Tropisindo, Tambak Udang (TU) Feny Gunawan, PT Shrimpi Daya Lestari, TU Yayasan Mahad Islam, TU Khoirul Haq, CV Mavindo Karya Lestari, dan TU Hendri.

Ketujuh pelanggan tersebut menggunakan layanan premium silver sehingga lebih andal. Dengan layanan tersebut pelanggan diberi fasilitas berupa pembangunan jaringan ekspres tegangan menengah.

Selain itu, terdapat sistem dua penyulang yang difungsikan untuk menyuplai listrik ke pelanggan, sehingga pelanggan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya lebih besar untuk kebutuhan genset dengan bahan bakar minyaknya.

Dengan tambahan tersebut, kini sebanyak 459 pelanggan di Bangka Belitung dilayani dengan layanan premium, dengan 112 diantaranya untuk kebutuhan tambak udang.

Salah satu pemilik tambak udang, Martin mengungkapkan vitalnya pasokan listrik untuk kebutuhan industri tambak udang. Pihaknya mengungkapkan, tambak udang adalah sektor yang mampu menyerap produksi energi ditengah pandemi.

"Kebetulan kami baru membuka delapan kolam tambak udang, maka kami percayakan listrik ke PLN. Sebab listrik ini yang utama dalam industri tambak udang, mulai dari kebutuhan pompa sedot air, reservoir, hingga kebutuhan kolam itu sendiri," ucap Martin.

Dirinya menambahkan permintaan udang untuk konsumsi di negara-negara seperti Amerika, Australia, Jepang, China cukup tinggi.

"Ke depan kami berharap produktivitas dapat meningkat sehingga bisa menambah kapasitas kolam, target kami 40 kolam," imbuh Martin.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Geliat Ekonomi

Penyambungan listrik ini menggambarkan adanya geliat ekonomi yang terus tumbuh dari hari ke hari di Bangka Belitung.

Tercatat permintaan listrik tertinggi di sistem Bangka mencapai 167 MW atau naik 4,3 persen dari demand rata-rata harian sebesar 160 MW.

Untuk itu, sebagai langkah antisipasi lonjakan permintaan listrik pada beberapa tahun ke depan, PLN mengupayakan percepatan pembangunan kabel laut tegangan tinggi yang akan menghubungkan Pulau Sumatera dan pulau Bangka.

Kabel laut yang ditargetkan rampung pada akhir tahun 2021 ini akan ditarik dari Kabupten Banyu Asin, Sumatera Selatan ke Kabupaten Bangka Barat. Kabel laut tersebut akan terbentang sepanjang 36 Kms.

"Kami mohon dukungan dari seluruh stakeholder dan masyarakat Bangka Belitung, agar pembangunan ini berjalan lancar, sehingga Bangka Belitung akan menjadi satu dengan Sumatera dalam satu sistem kelistrikan," tutup Amris.

Program electrifying agriculture merupakan bagian dari semangat transformasi PLN pilar Customer Focus dan Innovative dalam meningkatkan pelayanan listrik yang lebih mudah, terjangkau dan andal untuk masyarakat indonesia tak hanya di sektor pertanian, melainkan di sektor lain seperti sektor tambak, perikanan, perkebunan dan peternakan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.