Sukses

Hai Pegawai Baru, CEO Ini Bagikan 5 Tips Beri Kesan Baik di Hari Pertama Kerja

Liputan6.com, Jakarta Sekalipun sangat dinanti-nanti, memulai hari pertama kerja merupakan hal yang rumit. Terutama bagi para fresh graduate yang baru pertama kali mencicipi dunia kerja profesional.
 
Tuntutan utama yang sering kali membingungkan saat memulai hari pertama kerja ialah bagiaman cara memberi kesan pertama yang positif bagi kolega baru Anda.
 
Ada banyak tips dan trik di internet yang bisa dipelajari tentang hal ini, tapi mungkin tidak semuanya bekerja.
 
Mengutip dari Forbes, Senin (19/4/2021) Umesh Ramakrishnan, Co-CEO di Kingsley Gate Partners telah bekerja dengan banyak pekerja dari berbagai latar belakang dan berasal dari benua berbeda-beda, dari Asia, Eropa hingga Afrika.
 
Ia memberi sarannya terkait hal apa saja yang harusnya dilakukan di hari pertama kerja. Berikut 5 tips yang patut diterapkan jika anda sedang bersiap untuk masuk kerja hari pertama.
 
1. Duduk dan tanyakan pada atasan beberapa hal detail
 
Saat pertama masuk kerja mulailah untuk membangun relasi yang baik dengan atasan anda. Yang harus dilakukan ialah bangun komunikasi dengan menanyakan beberapa hal rinci terkait aktivitas di kantor.
 
Seperti menanyakan bagaimana gaya kerja yang harus dibangun, menanyakan hal apa yang bisa membuat atasan anda dongkol, cara komunikasi yang harusnya dilakukan, hingga bagaimana proses pelaporan yang atasan anda inginkan.
 
2. Bangun komunikasi dengan bawahan
 
Jika anda bergabung di sebuah perusahaan untuk jabatan lebih tinggi, cobalah untuj melakukan hal yang sama dengan bawahan anda. Ajak mereka duduk bersama dan bicarakan beberapa hal detail tentang cara kerja tim anda.
 
Jangan membahas tujuan atau goals apa pun dulu, tetapi selesaikan bentuk komunikasi yang ingin anda bangun selama bekerja. Seperti cara bekerja, jenis pelaporan apa, dengan frekuensi apa, dan hal detail lainnya.
 
 
2 dari 3 halaman

3. Temui kolega

 
Biasanya di hari pertama kerja hal yang penting dilakukan ialah memperkenalkan diri pada kolega kantor yang baru. Namun selama pandemi Covid-19, lakukan inisiatidf panggilan telepon untuk memperkenalkan diri.
 
Cobalah untuk mendapatkan informasi pribadi dari kolega anda sehingga bisa jadi bisa membantumu membangun koneksi pribadi. Hal ini penting dilakukan untuk memberikan kesan pertama yang positif, karena itu jangan sia-siakan kesempatan ini. 
 
4.  Tinjau apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di perusahaan
 
Terkadang, perusahaan memiliki kebijakan yang mungkin tidak biasa dilakukan selama bekerja, seperti cuti sakit, liburan, atau berbagai hal detail selama proses kerja.
 
Jika punya waktu, lakukan pengecekan hal ini pada hari pertama anda. Sebenarnya, hal ini seharusnya dilakukan sebelum hari pertama masuk kerja. Namun jika belum, anda bisa melakukannua saat itu dan membuatnya dengan detail agar lebih mudah dipahami. 
 
5. Buat perencanaan kerja
 
Memulai kerja di tempat baru itu artinya perlu melakukan perubahan dan penyesuaian pada beberapa aspek. Di hari pertama, cobalah untuk membuat rencana kerja yang akan anda lakukan ke depan, dengan begitu anda sudah siap dan tidak perlu penyesuaian diri yang lebih lama lagi.
 
Hal terpenting lainnya yang tidak boleh lupa anda pastikan sudah siap saat memulai kerja ialah data seperti email dan akses ke kredensial login. Ini penting untuk memastian anda sudah siap dengan berbagai hal menyangkut data-data akun anda di tempat baru.
 
 
Reporter: Abdul Azis Said
3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini