Sukses

Harga Emas Turun 1 Persen Imbas Kenaikan Imbal Hasil Obligasi AS

Harga emas turun lebih dari 1 persen pada hari Jumat, terbebani oleh lonjakan imbal hasil Treasury AS dan rebound dalam dolar.

Liputan6.com, Jakarta Harga emas turun lebih dari 1 persen pada hari Jumat, terbebani oleh lonjakan imbal hasil Treasury AS dan rebound dalam dolar. Tetapi emas batangan masih di jalur untuk kenaikan mingguan pertama dalam tiga minggu.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (10/4/2021), harga emas di pasar spot turun 0,7 persen menjadi USD 1,744.07 per ounce pada pukul 1:44 sore. EDT (1744 GMT), setelah mencapai harga tertinggi sejak 1 Maret di USD 1,758.45 pada hari Kamis. Namun untuk minggu ini, harga emas naik sekitar 0,9 persen.

Harga emas berjangka AS turun 0,8 persen menjadi USD 1.744,8.

"Sementara secara keseluruhan, pasar emas bullish dalam jangka pendek, dengan ekspektasi penembusan lebih tinggi melalui USD 1.760-65, kehati-hatian tentang lelang baru 10 dan 30 tahun (Treasury) dan laporan CPI minggu depan mempertahankan dukungan imbal hasil, menjaga kenaikan emas. di cek,” kata Tai Wong, kepala perdagangan derivatif logam dasar dan mulia di BMO.

"Imbal hasil mendorong sebagian besar pasar saat ini, secara langsung berdampak pada USD dan saham dan ketiganya berpengaruh pada emas dengan dampak yang berbeda-beda," tambahnya.

Dolar dan patokan imbal hasil AS rebound dari posisi terendah dua minggu, mengurangi daya tarik emas.

Harga produsen AS naik lebih dari yang diharapkan pada bulan Maret, menghasilkan kenaikan tahunan terbesar dalam 9-1 / 2 tahun, sesuai dengan ekspektasi untuk inflasi yang lebih tinggi saat ekonomi dibuka kembali.

“Jenis lingkungan yang berpotensi inflasi ini umumnya dipandang mendukung harga emas,” kata David Meger, direktur perdagangan logam di High Ridge Futures.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen The Fed

Dalam potensi penyerangan terhadap daya tarik safe-haven emas, Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell pada hari Kamis mengisyaratkan bank sentral tidak akan mengurangi dukungan ekonominya, dan memperingatkan kenaikan dalam kasus Covid-19 dapat memperlambat pemulihan.

"Penurunan emas dari puncak tahun lalu adalah 'koreksi kecil' dalam pasar bullish yang lebih lama," kata Davis Hall, kepala pasar modal di Asia di manajemen kekayaan Indosuez.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.