Sukses

Calon Penerima Vaksinasi Gotong Royong: 7,4 Juta Karyawan dari 11.542 Perusahaan

Kadin mengumumkan data calon penerima vaksinasi gotong royong

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan P Roeslani mengatakan, hingga saat ini, tercatat 11.542 perusahaan telah mendaftarkan 7.402.356 karyawannya untuk vaksinasi gotong royong.

Rosan bilang, jumlah ini didapatkan dari pendaftaran vaksinasi gotong royong tahap I dan tahap II yang sudah dilaksanakan sejak 28 Januari 2021.

"Pendataan dimulai 28 Januari hingga 28 Februari ini tahap I, perusahaan yang mendaftar ada 9.176 perusahaan, dengan karyawan 6.998.235 termasuk keluarga," ujar Rosan dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI, Senin (15/3/2021).

Lanjut Rosan, atas masukan dari Kementerian BUMN serta komunikasi dengan Bio Farma, pendaftaran kedua dibuka dari 10 Maret hingga 24 Maret mendatang. Hingga 14 Maret ini, terjadi penambahan sebanyak 2.372 perusahaan.

"Sehingga total perusahaan yang sudah mendaftar ialah 11.542 perusahaan dengan total target vaksinasi 7.403.356 orang," ujar Rosan.

Rosan mengatakan, pendaftaran vaksinasi gotong royong ini akan terus berjalan. Pendaftarnya juga bukan hanya perusahaan besar, namun perusahaan kecil bahkan UMKM.

"Bahkan saya cukup surprise sebab dari asosiasi tanyakan apakah dari UMKM bisa mendaftar vaksinasi gotong royong, kita sampaikan selama entitas Indonesia silakan mendaftar, dan beberapa UMKM ternyata yang pekerja hanya 5-10 orang ikut mendaftar, ini cukup positif," tandas Rosan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bio Farma Siapkan 20,2 Juta Dosis Vaksin Gotong Royong

Pemerintah melalui BUMN PT Bio Farma telah mendapatkan komitmen pengadaan vaksinasi gotong royong sebanyak 20,2 juta dosis vaksin.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan, vaksin ini didapatkan dari Sinopharm dan Moderna. Memang dalam pengadaan vaksin mandiri, pemerintah sudah mengatur agar mereknya tidak sama dengan vaksin gratis yang sedang dijalankan saat ini.

"Jenis vaksin untuk vaksin gotong royong ini harus berbeda dengan jenis vaksin untuk program pemerintah. Sampai hari ini kami sudah melakukan proses komunikasi dan juga negosiasi dengan 2 pengembang vaksin," jelas Honesti dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI, Senin (15/3/2021).

Untuk Sinopharm, komitmen yang telah ditetapkan ialah sebanyak 15 juta dosis yang akan dikirim pada Maret hingga akhir kuartal II 2021. Honesti mengatakan, tersedia pula opsi penambahan 15 juta dosis vaksin jika dibutuhkan ke depannya.

"Dalam hal ini proses registrasi akan dilakukan anak perusahaan kami, Kimia Farma. Dan kita dalam proses rolling submission ke Badan POM untuk mendapatkan Emergency Use Authorization(EUA)nya," tutur Honesti.

Kemudian, untuk vaksin asal Amerika Serikat, Moderna, akan disiapkan 5,2 juta dosis. Honesti bilang, pengiriman vaksin ini baru akan dimulai pada awal kuartal III 2021.

"Registrasi akan dilakukan oleh Bio Farma. Moderna ini sudah mendapatkan EUA dari USA di akhir tahun lalu tanggal 18 Desember dan juga dari European Medicines Authority (EMA) maupun dari Europe Community pada 6 Januari 2021 kemarin," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit.

    vaksin

  • Vaksinasi adalah proses pemberian vaksin ke dalam tubuh.

    Vaksinasi

  • Vaksin Gotong Royong adalah program vaksinasi Covid-19 mandiri kepada karyawan/karyawati, keluarga dan individu lain terkait dalam keluarga.
    Vaksin Gotong Royong adalah program vaksinasi Covid-19 mandiri kepada karyawan/karyawati, keluarga dan individu lain terkait dalam keluarga.

    Vaksin Gotong Royong

  • Vaksinasi Gotong Royong adalah program pemerintah dalam rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

    Vaksinasi Gotong Royong

  • Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin Indonesia adalah organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian.

    Kadin

  • Pengusaha adalah orang pribadi atau badan yang kegiatan usaha atau pekerjaannya melakukan usaha perdagangan.

    Pengusaha

  • Karyawan adalah orang yang bekerja pada suatu lembaga.

    karyawan