Sukses

Ikuti, Balai Pustaka dan Kementerian BUMN Gelar Lomba Pantun Berhadiah Rp 200 Juta

Untuk tema pantun meliputi, Cinta Tanah Air, Cinta Pancasila, Pesona Indonesia, Pendidikan, Motivasi atau Semangat,Lingkungan Hidup, Nasihat, Melawan Corona, Kebangsaan, serta Pergaulan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Balai Pustaka (Persero) yang didukung oleh Kementerian BUMN tengah menyelenggarakan Lomba Berbalas Pantun 2021. Lomba ini akan memperebutkan Piala Menteri BUMN beserta hadiah dengan total 200 juta.

“Lomba pantun akan dibagi menjadi dua kelompok, pertama antar milenial dan BUMN. Kedua, antar komunitas se Indonesia, seperti sekolah, kampus, Pemda, kelompok seni, dan lainnya,” tulis Kementerian BUMN pada Instagram resmi @kementerianbumn, dikutip pada Rabu (10/3/2021).

Sebagai Informasi, kini UNESCO telah mengukuhkan pantun sebagai Warisan Dunia Tak Benda pada tanggal 17 Desember 2020. Dengan diadakannya lomba pantun ini sama dengan melestarikan budaya dunia.

Adapun persyaratan untuk mengikuti lomba ini berupa, membuat video berbalas pantun terdiri dari dua wanita dan dua pria, dengan durasi maksimal lima menit, lalu diiringi musik tradisional maupun modern dengan jumlah personil musik bebas.

Untuk tema pantun meliputi, Cinta Tanah Air, Cinta Pancasila, Pesona Indonesia, Pendidikan, Motivasi atau Semangat,Lingkungan Hidup, Nasihat, Melawan Corona, Kebangsaan, serta Pergaulan. Dari beberapa tema tersebut peserta boleh mengkombinasikannya.

“Setiap BUMN dan Komunitas boleh mengirimkan lebih dari satu tim, semakin banyak peserta akan semakin bagus demi memasyarakatkan pantun se-Indonesia,” tulis Instagram resmi BUMN.

Selain juara satu, dua, dan tiga akan dipilih pemenang lomba pantun kategori tim terfavorit pemirsa di channel Youtube Balai Pustaka TV dan Instagram Balai Pustaka yang memperoleh jumlah like terbanyak.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dewan Juri

Adapun, dewan juri yang akan menilai adalah Budayawan Melayu Syam C. Haesy, Penyanyi dan Pegiat Seni Dewi Yuli, serta Pemecah Rekor MURI Rendra Setyadiharja.

Untuk tata cara mendaftar lomba ini, dapat mendaftar melalui email pantun.bumn@gmail.com untuk kelompok milenial BUMN, pantun.nasional@gmail.com untuk kelompok komunitas atau umum.

Pendaftaran dilakukan mulai dari 8 Maret hingga 8 April 2021. Pengiriman video mulai dari 15 Maret hingga 30 April 2021. Untuk pembagian hadiah dilakukan pada hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.