Sukses

Microsoft dan Kementan Ciptakan Teknologi yang Bisa Prediksi Siklus Cuaca

Teknologi yang dibangun Microsoft dan Kementan memanfaatkan data satelit sensor IOT dan drone untuk memprediksi siklus cuaca.

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) dalam rangka memodernisasi sektor pertanian. Melalui penggunaan satelit sensor IOT dan dan drone, telah tercipta teknologi yang bisa memprediksi siklus cuaca.

"Microsoft bekerjasama dengan Kementerian Pertanian untuk memodernisasi sektor pertanian," Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Haris Izmee dalam Webinar Belajar Digital Bareng BukaLapak dan Microsoft, Jakarta, Senin (8/3/2021).

Bagi petani, siklus cuaca ini sangat penting. Terutama dalam perencanaan penanaman jenis tanaman yang cocok dengan cuaca demi menghindari resiko dari gagal panen.

"Dengan memanfaatkan data satelit sensor IOT dan drone untuk memprediksi siklus cuaca dan tanaman sehingga bisa membantu pertanian dalam bercocok tanam," papar Haris.

Teknologi dan kecerdasan buatan ini dibuat dengan tujuan keberlanjutan pangan di Indonesia. Tak hanya itu, Microsoft juga membawa misi meningkatkan inklusi keuangan dan produktivitas petani.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Privasi Data

Bersama Kementerian Pertanian, Institut Teknologi Bandung (ITB) dan BukaLapak, Microsoft juga membuat lembaga Dewan Penasihat Nasional. Lembaga ini akan bekerja dengan berbekal teknologi digital dan data yang mencakup topik penting lain untuk meningkatkan ekonomi nasional.

Dia memastikan privasi data dan keamanan siber ini akan menjadi hal utama untuk menghindari terjadinya kebocoran.

"Kami bikin Dewan Penasihat Nasional yang berbasis digital dan data. Mencakup topik penting lain dengan ekonomi nasional seperti privasi data dan keamanan siber," kata dia mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.