Sukses

Gubernur Bali Buka Rahasia Cara Kendalikan Covid-19 di Pulau Dewata

Gubernur Bali Wayan Koster membuka rahasia cara tekan penularan virus Covid-19 di Pulau Dewata.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Bali Wayan Koster membuka rahasia cara tekan penularan virus Covid-19 di Pulau Dewata. Ada tiga cara yang terus dimatangkan jajarannya dalam mengendalikan penyebaran virus mematikan asal China itu.

"Pertama, yaitu menurunkan munculnya kasus baru Covid-19 (di Bali)," ungkapnya dalam webinar bertajuk Vaksin Datang Pariwisata Gemilang, Senin (1/3/2021).

Dia mengungkapkan, upaya ini terus menunjukkan hasil yang menggembirakan. Dimana dalam beberapa waktu terakhir jumlah harian kasus positif Covid-19 di Bali mengalami penurunan yang cukup signifikan kendati masih di level tiga digit.

"Pernah suatu waktu mencapai di angka (penularan) 540 orang dalam satu hari. Itu terus-terusan di angka tiga digit yang cukup tinggi. Dan sekarang mulai menurun, tapi masih di tiga digit, kemarin itu 200, sebelumnya 150, mudah-mudahan hari ini bisa lebih rendah lagi," bebernya.

Kedua, meningkatkan angka kesembuhan pasien positif Covid-19. Diantaranya dengan perluasan memperkuat kolaborasi bersama stakeholders terkait untuk terus berupaya memberikan fasilitas layanan secara maksimal.

"Tingkat kesembuhannya sekarang sudah hampir 91 persen, yang sebelumnya itu sempat eh 80 persen. Biasanya Bali itu lebih bagus dari daerah lain, tapi kami tancap terus sekarang sudah bisa bisa mencapai kesembuhan 91 persen," ucap dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tekan Angka Kematian

Terakhir, menekan angka kematian akibat Covid-19 secara maksimal. Salah satunya dengan menggencarkan upaya preventif tangkal Covid-19 di sejumlah daerah, khususnya di wilayah berstatus zona merah.

"Kasus baru banyak muncul di kota Denpasar, di Kabupaten Badung, dan Kabupaten Gianyar. Kabupaten Gianyar sudah sangat baik, Klungkung juga sudah sangat baik, tinggal kami fokus di Denpasar dan tetangganya yaitu Tabanan. Kini jadi fokus perhatian kami, sehingga penanganan pandemi sudah ada perubahan signifikan. Meninggal juga cukup terkendali," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.