Sukses

Aparatur Kementerian ESDM Wajib Miliki Keterampilan Menulis Ilmiah Populer yang Baik

Liputan6.com, Jakarta Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Aparatur kembali mengadakan pelatihan Karya Tulis Ilmiah (KTI) secara daring melalui aplikasi zoom, mulai Senin 15 sampai 23 Februari 2021.

Langkah ini, sebagai upaya terus meningkatkan dan mengembangkan keterampilan menulis ilmiah populer sekaligus sarana untuk mendapatkan angka kredit bagi para pejabat fungsional. 

Pelatihan dibuka Kepala Bidang Pelatihan dan Sarana Prasarana, M. Adis, diikuti 20 orang peserta dari berbagai satuan kerja di lingkungan Kementerian ESDM (KESDM).

M. Adis dalam sambutannya menyatakan bahwa menulis adalah cara untuk mengekspresikan segala sesuatu ke dalam tulisan.

“Menulis pada hakikatnya adalah upaya untuk mengekspresikan apa-apa yang dilihat, dialami, dirasakan dan dipikirkan ke dalam bahasa tulisan,” ujarnya.

Dia pun menambahkan, untuk mampu menulis karya tulis ilmiah populer yang baik dan mudah dipahami diperlukan teknik menulis yang kuat dan juga menggunakan sudut pandang yang unik dan cerdas sehingga menggugah rasa ingin tahu dan dapat dipahami oleh pembaca.

Lebih lanjut, pria yang sering menjadi dalang ini, juga menegaskan bahwa penulisan KTI populer tentunya wajib berpedoman pada standar ilmiah namun ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami pembaca.

Pelatihan KTI menjadi rangkaian bimbingan teknik untuk para aparatur KESDM selama masa pandemi Covid-19 secara daring. Kali ini, PPSDM Aparatur bekerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara, Universitas Padjajaran dan Balai Bahasa Jawa Barat menggunakan aplikasi Smile PPSDM Aparatur untuk mengakses materi pembelajaran dan zoom meeting untuk pembelajaran tatap muka.