Sukses

3 Ruas Tol Baru Siap Beroperasi Januari 2021, Ini Daftarnya

Akan ada tiga ruas jalan tol baru lain yang segera beroperasi pada Januari 2021 ini.

Liputan6.com, Jakarta - Jalan Tol Kayu Agung-Palembang sepanjang 42,5 km telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa, 26 Januari 2021 kemarin. Ruas tol yang jadi bagian Jalan Tol Trans Sumatera tersebut jadi jalan tol baru pertama yang diresmikan Jokowi dan beroperasi pada awal tahun ini.

Rencananya, akan ada tiga ruas jalan tol baru lain yang segera beroperasi pada Januari 2021 ini. Apa saja?

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Danang Parikesit, melaporkan akan ada satu jalan tol di Jabodetabek yang bakal segera beroperasi. Sementara dua ruas lainnya berada di Sumatera, tepatnya di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut).

"Paling dekat Seksi 1 Cibitung-Telaga Asih, Indrapuri-Jantho di Aceh, Jalan Veteran-Tanjung Mulia di Sumut bulan Januari 2021," jelas Danang kepada Liputan6.com, Rabu (27/1/2021).

Saat ditanya kapan tanggal peresmiannya, Danang untuk sementara belum bisa menjawab secara detil.

Sebagai informasi, ruas Tol Cibitung-Telaga Asih sepanjang 2,96 km merupakan bagian dari Jalan Tol Cibitung-Cilincing yang masuk ke dalam Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) 2 sepanjang 34 km yang dikerjakan PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways.

Jalan tol ini terbagi dalam 4 seksi, yakni Seksi 1 Cibitung-Telaga Asih sepanjang 2,96 km, Seksi 2 Telaga Asih-Tembelang/Gabus Indah-Muara Bakti sepanjang 9,41 km, Seksi 3 Tembelang-Mekarjaya/Muara Bakti-Kanal Banjir Timur sepanjang 13,09 km, dan Seksi 4 Mekarjaya-Cilincing/Kanal Banjir Timur-Cilincing sepanjang 8,56 km.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tol Jantho-Indrapuri

Sementara Tol Jantho-Indrapuri merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang masuk ke dalam ruas Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) sepanjang 74 km. Tol Jantho-Indrapuri merupakan Seksi 3 Tol Sibanceh yang memiliki panjang 16 km.

Seksi lainnya dari ruas Tol Sibanceh ini antara lain Seksi 1 Padang Tiji-Seuliemum sepanjang 25 km, Seksi 2 Seuliemum-Jantho sepanjang 6 km, Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 14 km, Seksi 5 Blang Bintang-Kuta Baro sepanjang 8 km, dan Seksi 6 Kuta Baro-Baitussalam sepanjang 5,2 km.

Dari keenam seksi tersebut, Seksi 4 Blang Bintang-Indrapuri menjadi jalan tol pertama yang beroperasi di Aceh. Jalan tol ini beroperasi secara berbayar usai diresmikan Jokowi pada Agustus 2020 lalu.

Sedangkan ruas Tol Jalan Veteran-Tanjung Mulia (3,52 km) merupakan segmen dari Seksi 1 Jalan Tol Medan-Binjai (Tanjung Mulia-Helvetia) sepanjang 6,72 km. Jalan tol ini telah dibuka secara fungsional alias gratis pada periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020/2021.

Jalan Tol Medan-Binjai (16,72 km) yang juga merupakan bagian dari ruas Tol Trans Sumatera ini secara total memiliki 3 seksi. Seksi 2 yakni ruas Helvetia-Semayang sepanjang 6,72 km, dan Seksi 3 ruas Semayang-Binjai sepanjang 4,28 km yang sudah beroperasi sejak Oktober 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.