Sukses

MRT Jakarta Berencana Caplok KCI, Serikat Pekerja: Integritas Yes, Akuisisi No

Liputan6.com, Jakarta - Serikat Pekerja Kereta Api (SPKA) menolak rencana korporasi PT MRT Jakarta dengan PT KCI. SPKA menolak jika PT MRT Jakarta mengakuisisi 51 persen saham PT KCI dari PT KAI.

"SPKA menyampaikan sikap dengan tegas, integritas yes, akuisisi no," kata Ketua Umum SPKA, Edi Suryanto dalam siaran persnya, Jakarta, Selasa (12/1).

Edi mengatakan, akuisisi tersebut dinilai berpotensi akan merusak sistem transportasi perkeretaapian yang saat ini sudah mapan. Saat ini sistemnya sudah terintegrasi dalam satu kesatuan.

Bila akuisisi dilakukan, maka sistem yang telah terbangun ini akan terpecah-pecah. Sementara pengintegrasian antar moda bisa dilakukan tanpa proses akuisisi.

"Integrasi antar moda bisa dilakukan tanpa perlu akuisisi," kata dia.

PT KAI Grup kata Edi harus bisa mempertahankan warisan jumlah penumpang yang bisa diangkut setiap tahunnya. Termasuk potensi big data dari tiket penumpang KRL Jabodetabek.

"Sangat ironi sekali jika akuisisi saham ini, BUMD Mendapat porsi yang lebih besar daripada BUMN," kata dia.

Idealnya, lanjut Edi, BUMN mendapatkan porsi saham mayoritas. Sebab BUMN lebih elastis dalam pengembangan bisnis secara nasional.

 

2 dari 3 halaman

KCI Sudah Terbukti

Selain itu, jika PT KCI sudah terbukti lebih baik bisa menjadi contoh layanan kereta api perkotaan yang mengutamakan keselamatan, keamanan, kenyamanan dan tepat waktu. Beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan lainnya antara lain, PT KAI lebih berpengalaman dalam pengelolaan moda transportasi berbasis rel dan memiliki lintas operasional yang lebih panjang dan komplek.

Biaya dan pengorbanan PT KAI yang telah dikeluarkan untukpembebasan dan penertiban di wilayah operasional PT KCI serta pembangunan dan penataan kawasan sangat besar. Brand Image kereta commuter sudah sangat bagus.

Pengorbanan 3 syuhada pekerja KAI agar tidak sia-sia demi nama baik dan bukti kecintaan pada perusahaan. Termasuk pada pelanggan sampai rela mengorbankan nyawanya pada saat bertugas.

Untuk itu, SPKA mendukung integrasi antar moda secara terpadu. Pihaknya juga meminta kepada Pemerintah Pusat untuk tidak menyetujui rencana korporasi ini.

"Kami meminta kepada Pemerintah Pusat untuk tidak memilih Aksi Korporasi PT MRT Jakarta yang akan mengakuisisi 51 persen saham PT KCI dari PT KAI sehinggakepemilikan PT KAI menjadi 49 persen," kata dia.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: