Sukses

Erick Thohir Jabarkan 6 Prinsip Akhlak yang Wajib Dijalankan BUMN

Strategi BUMN yang disusun dalam akronim AKHLAK tersebut adalah Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyiapkan enam strategi untuk mendorong kinerja BUMN. Strategi tersebut disingkat dengan sebutan AKHLAK yang dituangkan dalam sebuah buku.

"Kita jadikan ini sebagai akronim AKHLAK dan inilah yang menjadi dasar dari suatu kesuksesan yang dicanangkan BUMN untuk membentuk reputasi yang kita harapkan," ujar Erick Thohir, Jakarta, Rabu (6/1/2021).

Adapun strategi yang disusun dalam akronim AKHLAK tersebut antara lain Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. "Kalau kita lihat, kita coba bedah akhlak sendiri. Amanah yang memang ini artinya kita coba memegang teguh kepercayaan yang diberikan," jelas Erick.

Kunci kedua yaitu Kompeten menurutnya, tidak kalah penting harus terus dikembangkan. Kompeten membuat BUMN harus terus menerus belajar memperbaiki dan mengembangkan kemampuan diri.

"Kompeten tidak kalah pentingnya yaitu apa, cakap dan tentu terus belajar dan mengembangkan kapabilitas karena kita tidak bisa cepat puas kalau kita cukup dengan capability, tapi capability itu adalah sesuatu yang terus dikembangkan," jelasnya.

Erick Thohir mengatakan, Harmonis juga penting agar kerja sama bisa terjalin dengan lancar. "Harmonis tentu menjadi kunci. Keserasian dalam kita bekerja sama saling peduli dan menghargai perbedaan ini adalah menjadi kunci kita juga kita bisa sukses dalam menjalankan keseharian," paparnya.

Kunci sukses selanjutnya adalah Loyal. Loyal dalam arti mengutamakan kepentingan bangsa yang memang sulit menjaga conflict of interest. "Tapi kalau kita balik kepada amanah tadi tentu hal ini ya kita dedikasikan bagaimana kepentingan bangsa dan negara adalah yang utama bukan tadi konflik daripada kepentingan yang memang tidak mudah," paparnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Adaptif

Selanjutnya, kata Erick Thohir adalah, Adaptif di mana setiap unsur BUMN dituntut harus bisa terus berinovasi dalam kondisi apapun. Terutama dalam kondisi pandemi Virus Corona saat ini.

"Adaptif adalah terus kita berinovasi apalagi kalau kita lihat dengan Covid-19 ini yang terus kita di-challenge untuk berubah tentu inovasi adalah langkah-langkah salah satu yang menjadi kunci daripada kita di BUMN dan terus kita berantusias juga maupun menghadapi perubahan itu," jelasnya.

Strategi kunci sukses terakhir adalah Kolaboratif. Kunci sukses tersebut diharapkan mampu mendongkrat reputasi perusahaan pelat merah yang lebij baik. "Yang terakhir tentu Kolaboratif kita harus membangun kerjasama yang sinergis," tandasnya.

Anggun P. Situmorang

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.