Sukses

Bandara Soetta Kedatangan Laboratorium Mobile Terbaru BPPT, Tes PCR Cuma 8 Jam

Laboratorium Mobile milik BPPT ini adalah bus yang didesain untuk tes Covid-19 dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

Liputan6.com, Jakarta - Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) kedatangan mobil tes PCR Covid-19 hasil karya terbaru dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Dengan nama Bio Safety Level (BSL) 2 Varian Ketiga, laboratorium mobile ini diklaim bisa mengeluarkan hasil hanya dalam 8 jam.

Bio Safety Level 2 Varian Ketiga ini ditempatkan di SMMILE Center Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta. Dimana, BSL 2 Varian Ketiga ini dilengkapi sejumlah fasilitas canggih, salah satunya adalah HEPA Filter.

Kepala BPPT Hammam Riza menuturkan, BSL 2 Varian Ketiga ini merupakan yang pertama dioperasikan di Indonesia. "Mobile lab varian ketiga ini baru dioperasikan di sini (Bandara Soekarno-Hatta)," kata Hammam, di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang, Rabu (6/1/2021).

Laboratorium Mobile ini adalah bus yang didesain untuk tes Covid-19 dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR). Laboratorium ini mampu melayani hingga 1.000 sample PCR Test dalam 24 jam.

Dengan rincian, pemeriksaan 10 batch dengan 1 batch berisi 94 spesimen, jadi bila ditotal bisa menampung 940 spesimen dalam nwaktu 24 jam.

Dia juga menjelaskan, fasilitas paling penting dari Mobile Lab BSL2 ini adalah waktu tunggu hingga memperoleh hasil PCR Test hanya 8 jam.

"Fasilitas yang penting adalah mulai dari proses pengambilan sample sampai mendapat hasilnya itu 8 jam. Jadi kalau tes PCR pagi, kita berharap nanti sore sudah dapat hasilnya,"kata Hammam.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sangat Dibutuhkan

Hal ini amat penting dan dibutuhkan para calon penumpang untuk syarat penerbangan, yakni memegang bukti hasil PCR yang negatif.

Layanan tes Covid-19 di Airport Health Center Terminal 1 bagi masyarakat umum ini tersedia untuk walk in service selama 24 jam. Kemudian drive thru service mulai dari pukul 08.00 WIB sampai 20.00 WIB.

Untuk harga, rapid test antigen dikenakan biaya Rp 200 ribu dan Rp 800 ribu untuk PCR test. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.