Sukses

Patut Dicoba, Trik Terhindar dari Kebangkrutan Gara-gara Utang

Kebangkrutan dapat berdampak sangat buruk pada diri Anda secara keuangan maupun pribadi.

Liputan6.com, Jakarta - Berutang telah menjadi cara hidup banyak konsumen. Padahal memiliki utang bisa sangat membebani yang jika dibiarkan bisa memicu kebangkrutan.

Kebangkrutan dapat berdampak sangat buruk pada diri Anda secara keuangan maupun pribadi. Lebih baik segera mencari alternatif lain sebelum mengalami kebangkrutan.

Melansir laman The balance, Rabu (30/12/2020), begini cara yang bisa diterapkan agar dapat terhindari dari utang yang bisa membuat bangkrut.

1. Jual Beberapa Aset

Jual apa saja yang bisa disisihkan dan gunakan uang itu untuk melunasi utang. Segera ambil tindakan saat menyadari bahwa Anda tidak mampu melakukan pembayaran.

Jika menunggu sampai terlambat membayar, mungkin sudah terlambat untuk terjebak dan menghindari tindakan lebih lanjut dari kreditur.

Banyak orang tidak dapat melewati ketidaknyamanan hidup tanpa barang-barang mereka, tetapi Anda dapat menyesuaikan dan itu hanya sementara. Ini akan membantu untuk menghindari kebangkrutan dengan melunasi utang.

2. Mintalah Kreditur untuk Bantu Menghindari Kebangkrutan

Kreditor lebih suka mendapatkan uang dari Anda daripada tidak mendapatkan uang sama sekali. Beri tahu kreditur bahwa Anda tengah mengalami kesulitan keuangan.

Nyatakan kesediaan Anda untuk membayar utang dan tanyakan apakah mereka dapat membantu meringankan beban dengan menurunkan pembayaran bulanan atau menurunkan suku bunga. Banyak perusahaan kartu kredit dan bank memiliki program kesulitan yang ditujukan untuk situasi seperti ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Carilah Konseling Kredit Konsumen

Jika tidak beruntung bekerja dengan kreditor, mintalah bantuan seorang profesional. Temukan konselor kredit konsumen yang memiliki pengalaman bekerja dengan kreditor untuk mengurangi pembayaran dan suku bunga Anda.

Konselor kredit konsumen dapat bekerja sama dengan Anda dan kreditur untuk menyusun rencana pengelolaan utang guna melunasi utang selama tiga hingga lima tahun.

Pembayaran rencana pengelolaan utang mungkin tampak di luar jangkauan, tetapi jika perhatikan, Anda mungkin menemukan lubang di anggaran yang memungkinkan untuk melakukan pembayaran.

4. Dapatkan Bantuan dari Keluarga dan Teman

Biasanya, meminjam uang dari keluarga dan teman adalah ide yang buruk. Diketahui untuk menciptakan kesulitan dan bahkan mengakhiri hubungan.

Tapi ada pengecualian untuk setiap aturan, dan kebangkrutan adalah salah satunya. Luangkan waktu untuk menghitung berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk menghindari kebangkrutan.

Pertimbangkan dengan cermat seberapa banyak Anda dapat berkontribusi untuk utang, kemudian mintalah teman dan keluarga untuk membantuuat. Sebelum mendekati mereka, buat rencana bagaimana Anda akan membayarnya begitu situasi keuangan sudah membaik.

3 dari 3 halaman

5. Selesaikan dengan Kreditur dan Penagih Utang

Jika Anda harus memilih antara menyelesaikan beberapa utang atau mengajukan kebangkrutan, pilih untuk selesaikan utang tersebut, tetapi lakukan dengan benar.

Pertama, jangan gunakan perusahaan penyelesaian utang. Terlalu banyak waktu dan uang ekstra untuk perusahaan-perusahaan ini.

Kedua, jangan melunasi utang apa pun yang pembayarannya saat ini lancar. Terus lakukan pembayaran minimum atas setiap utang saat ini untuk menjaganya dalam reputasi yang baik.

Sebaliknya, fokuslah pada utang yang telah dibebankan atau dikirim ke penagihan. Terakhir, bersiaplah untuk membayar jumlah penyelesaian sekaligus setelah kesepakatan dibuat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.