Sukses

Angkasa Pura II Catat Pergerakan Penumpang Tertinggi pada 17 Desember 2020

PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat, pandemi Covid-19 sangat berpengaruh pada pergerakan penerbangan

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat, pandemi Covid-19 sangat berpengaruh pada pergerakan penerbangan di 19 bandara yang dikelola perseroan. Titik nadir terendah terjadi sejak akhir April-Mei 2020.

Namun, jumlah angkutan transportasi udara perlahan mulai pulih jelang tutup tahun 2020. Menurut catatan AP II, pergerakan penerbangan mencapai titik tertinggi selama pandemi Covid-19 pada Kamis, 17 Desember 2020 ini.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mencontohkan, jumlah penumpang pesawat yang naik dan turun di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada 17 Desember mencapai 84 ribu orang.

"Ini adalah data yang masih fresh from the oven, tanggal 17 Desember Bandara Soekarno-Hatta menembus pergerakan tertinggi selama pandemi, 2 hari yang lalu. Pergerakan penumpangnya adalah 84 ribu, dan pergerakan pesawatnya 877," jelasnya dalam sesi bincang virtual, Sabtu (19/12/2020).

Jika dibandingkan dengan situasi normal, pergerakan penumpang tersebut sudah mencapai 56 persen. Sementara untuk pergerakan pesawat tercatat sudah sekitar 77 persen dari kondisi normal sebelum pandemi.

"Angka ini memberikan sebuah harapan, bahwa industri ini karena didorong oleh transportasi domestiknya cukup besar bisa memberikan sebuah peningkatan level of confidence, kepercayaan diri kita. Karena harapan kita semua industri ini bisa cepat recovery," sambung Awaluddin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Juga di Bandara Lain

Peningkatan serupa turut terjadi di bandara-bandara lain yang dikelola Angkasa Pura II. Menurut laporan Awaluddin, sebanyak 53 ribu penumpang melakukan pergerakan di 18 bandara lainnya.

"Jadi kalau di 17 Desember itu jumlahnya kurang lebih 137 ribu pergerakan penumpang. Itu tertinggi sejak pandemi," jelas dia.

Senada, pergerakan pesawat juga mengalami lonjakan di 18 bandara lainnya pada 17 Desember lalu. Total pergerakan pesawat di 19 bandara milik Angkasa Pura II pada hari itu mencapai 1.393 kali.

"Pergerakan pesawat di 17 Desember kemarin itu 877 pergerakan pesawat untuk di Soekarno-Hatta, dan untuk di luar Soekarno-Hatta 516 pergerakan. Jadi totalnya 1.393 pergerakan pesawat," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.