Sukses

Tips Bagi Pengguna Baru Kartu Kredit agar Tidak Boros

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kartu kredit pertama kalinya dapat menjadi langkah untuk membangun masa depan keuangan yang kuat dan menetapkan nilai kredit yang sangat baik atau justru dapat menyebabkan tumpukan utang.

Sebelum mencoba menggunakan kartu kredit untuk pertama kali, berikut beberapa tips untuk memandu Anda di jalan yang benar yang dilansir dari the balance, Jumat (18/12/2020).

1. Tetapkan Anggaran

Kartu kredit adalah cara yang nyaman untuk melakukan pembelian dan mendapatkan hadiah, tetapi tidak boleh digunakan untuk membeli barang-barang yang tidak mampu Anda beli.

Memiliki gagasan realistis tentang jumlah yang dapat dibelanjakan dan lunasi di akhir bulan akan membuat Anda tidak berlebihan.

Buatlah pembagian khusus misalnya dengan membelanjakan 50 persen dari gaji untuk kebutuhan rumah tangga dan makanan, 30 persen atau kurang untuk kesenangan, dan 20 persen atau lebih untuk menabung dan melunasi utang. Itu akan membantu menjaga pengeluaran kartu kredit sejalan dengan pendapatan Anda.

2. Pantau Setiap Pembelian

Menghitung jumlah yang mampu Anda belanjakan adalah langkah pertama. Setelah itu, rajinlah melacak pembelian sepanjang bulan, mungkin dengan bantuan aplikasi seluler atau situs web kartu kredit.

Setelah memenuhi batas pengeluaran bulanan, hindari menggunakan kartu sampai melunasi saldo. Hal disiplin ini akan membantu membangun nilai kredit yang baik dan menjauhkan dari hutang kartu kredit.

3. Siapkan Pembayaran Otomatis

Perlu waktu untuk membiasakan diri membayar tagihan setiap bulan. Lindungi diri dari tagihan kartu kredit yang terlambat dengan menjadwalkan pembayaran otomatis sebelum tanggal jatuh tempo Anda.

Pastikan pembayaran terjadwal lebih dari pembayaran minimum dan memiliki cukup dana di rekening giro sebelum pembayaran dijadwalkan. Jika tidak, Anda mungkin akan dikenakan biaya keterlambatan atau biaya pembayaran yang dikembalikan.

Membayar tepat waktu juga penting karena riwayat pembayaran adalah penyumbang terbesar untuk skor kredit. 

4. Gunakan Sebisa Mungkin Batas Kredit 

Mungkin kita tergoda untuk memaksimalkan kartu kredit dengan menagih hingga batas kredit, tetapi sangat penting untuk tidak melakukannya.

Penggunaan kredit, atau berapa banyak batas kredit yang digunakan, adalah penyumbang terbesar kedua untuk skor kredit. Itu berarti akan dapat merusak skor. Plus, itu bisa menjadi fondasi untuk terjerat hutang kartu kredit yang bisa membutuhkan waktu lama untuk dilunasi.

 

2 dari 4 halaman

5. Bayar Tagihan Penuh Setiap Bulan

Penerbit kartu kredit pasti mengharuskan untuk melakukan pembayaran minimum, yang merupakan persentase dari saldo terutang Anda.

Meskipun kedengarannya jauh lebih mudah dan lebih murah daripada membayar seluruh jumlah utang, hal itu akan menjadi beban seiring waktu.

Membayar dengan jumlah minimum menambah bunga ke saldo setiap bulan sampai akhirnya membayar penuh. Saldo hanya akan berkurang sedikit setiap bulannya, karena sebagian dari pembayaran akan digunakan untuk bunga yang masih harus dibayar.

6. Gunakan Fasilitas Ekstra

Banyak kartu kredit menawarkan fasilitas lain selain uang kembali atau hadiah perjalanan. Asuransi mobil sewa, membebaskan biaya bagasi terdaftar,  asuransi perjalanan.

Adapula perlindungan harga, yang memberikan pengembalian dana jika harga item turun setelah membelinya, dan memperpanjang beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh banyak kartu kredit.

Jika Anda bertanya-tanya tentang manfaat yang menyertai kartu kredit, masuk ke akun online untuk meninjau perjanjian kartu kredit atau hubungi layanan pelanggan.

 

3 dari 4 halaman

7. Ketahui Biaya dan Cara Menghindarinya

Dengan pengecualian biaya tahunan, Anda dapat menghindari sebagian besar biaya kartu kredit dengan mengabaikan perilaku tertentu. Misalnya, dapat melakukan pembayaran tepat waktu untuk menghindari biaya keterlambatan.

Lewati penarikan tunai untuk menghindari biaya penarikan tunai. Hindari biaya transaksi asing untuk pembelian yang dilakukan di luar negeri dengan memilih kartu yang tidak dikenakan biaya.

8. Unduh Aplikasi Seluler

Menggunakan aplikasi seluler kartu kredit memungkinkan untuk mengetahui akun kartu kredit Anda saat dalam perjalanan.

Masuk kapan saja untuk melihat saldo, memeriksa kredit yang tersedia, memastikan pembayaran diposting, melaporkan kartu kredit yang hilang atau dicuri, dan banyak lagi.

Anda dapat melakukan banyak hal dari browser ponsel, tetapi aplikasi juga sering kali dirancang untuk penggunaan yang lebih cepat dan lebih mudah di perangkat seluler.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Ini