Sukses

Tolak Produk Bajakan, 3 Merek Fesyen Lokal Ini Bersinar di Masa Pandemi

Di tengah pandemi Covid-19 membuat sejumlah industri kreatif harus putar otak untuk dapat tetap bertahan.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah pandemi Covid-19 membuat sejumlah industri kreatif harus putar otak untuk dapat tetap bertahan. Tak terkecuali industri clothing yang cukup menurun lantaran daya beli masyarakat yang beralih saat pandemi terjadi.

Untuk menyiasati itu, tiga merek pakaian anak muda ternama Indonesia Electrica Panda dari Medan, Kickout dari Tangerang, dan Zeroheroes dari Malang melakukan kolaborasi dengan mengusung tema “The Comrade Of Panda “.

Ade Ramdan pemilik merek Kickout mengungkapkan kolaborasi tersebut dilatarbelakangi adanya kesamaan logo panda yang dimiliki. Selain itu juga sebagai bentuk saling menguatkan brand clothing satu dengan yang lain serta saling bersinergi dan menciptakan kreatifitas ditengah ketidakpastian pandemi.

“Kolaborasi yang kami lakukan yaitu menggabungkan tiga logo atau identitas kami yang berupa logo panda menjadi satu, kami juga terinsipirasi menggunakan konsep Gundam dan menambahkan tiga elemen senjata yang masing-masing menggambarkan penolakan kami atas maraknya produk produk bajakan atau palsu dipasaran,” kata Ade di Kota Tangerang, Senin (14/12/2020).

Menurut Ade, kolaborasi direncanakan dengan proses kreatif yang matang selama satu bulan dan kini telah resmi diluncurkan pada Desember 2020. Desain kolaborasi dijadikan kedalam kaos, hoodie, masker, sticker, foto produk, dan konten digital

“Kita berharap produk lokal semakin digemari oleh masyarakat luas, berkurangnya produk bajakan dipasaran, dan kami berharap kedepannya kolaborasi seperti ini semakin banyak dan bisa melahirkan brand brand berkualitas dan tentunya dapat menjadi kebanggaan bagi negeri Indonesia,” jelasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Logo Produk

Sementara itu pemilik brand Electrica Panda Muh. Rizki Saragih menambahkan, keunikan dari produk kolaborasi ini yaitu ada 3 unsur logo dengan menggunakan dasar logo Panda Kickout, mata menggunakan unsur logo dari Zeroheroes dan dibagian kening menggunakan ciri khas dari Electrica Panda.

“Produk ini di Produksi dengan jumlah yang limited edition, hanya 100 Tshirt Dan 100 hoodie serta freebies seperti Lanyard, stickerpack dan masker,” kata Rizki.

Pemilik brand Zeroheroes Tri W. Pamungkas berharap dari kolaborasi ini bisa menggugah banyak khalayak untuk bisa saling berkolaborasi dan saling menguatkan sesama pelaku industry kreatif

“Yang pasti melalui kolaborasi ki berharap bisa meningkatkan perkembangan pangsa pasar industry kreatif local,” tuturnya.

Ia pun berharap, dengan adanya kolaborasi tersebut dapat kembali membangkitkan industri kreatif clothing agar tetap terus bertahan di masa pandemi Covid-19.

"Mudah-mudahan ini menjadi trigger untuk para pelaku industri kreatif yang lain, agar tetap berinovasi di tengah lesunya industri kreatif di tengah pandemi," pungkasnya. (Pramita Tristiawati)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.